detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 21:35 WIB

Cerita Erwin Aksa Soal Tahapan Umur Pengusaha di Forum HIPMI Jatim

Hilda Meilisa - detikNews
Cerita Erwin Aksa Soal Tahapan Umur Pengusaha di Forum HIPMI Jatim Foto: Istimewa
Surabaya - Rapat Kerja Daerah (Rakerda) HIPMI Jawa Timur di Surabaya, diisi dengan berbagai sesi berbagi inspirasi. Salah satunya dari CEO Bosowa Group Erwin Aksa.

Erwin Aksa di depan ratusan pengusaha muda dari 38 kabupaten/kota se-Indonesia mengatakan, untuk menjadi pengusaha sukses dibutuhkan inovasi, kreativitas, dan fokus.

"Apalagi di era saat ini, era digital, kalau tidak berinovasi pasti tidak berkembang," kata Erwin, Selasa (16/7/2019).

Erwin lantas memaparkan "tahapan umur" seorang pengusaha. Dalam konteks jika seseorang itu memulai usaha setelah bekerja pada perusahaan lain.


Sebelum umur 20 tahun, kata Erwin, anak muda harus fokus belajar menuntut ilmu, dalam arti menempuh pendidikan formal secara serius.

"Di bawah 20 tahun harus belajar serius," kata lulusan ekonomi di University of Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat itu.

Lalu umur 20-30 tahun adalah fase mencari pengalaman, bisa bekerja di perusahaan. "Fase ini saatnya mencari bos yang baik," kata pria kelahiran Makassar tersebut.

Erwin mengatakan, tempat bekerja tentu juga akan memengaruhi paradigma berpikir. "Cari lingkungan perusahaan yang baik, yang menerima inovasi," kata wakil ketua umum Kadin tersebut.


Kemudian fase 30-40 tahun adalah tahapan untuk fokus pada satu bidang bisnis yang sesuai dengan passion. "Di umur-umur ini, harus fokus membesarkan apa yang sudah Anda kuasai," kata pengusaha berusia 44 tahun tersebut.

Tahapan berikutnya adalah mulai penataan langkah-langkah bisnis sehingga lebih terstruktur dan bisa tumbuh lebih cepat. "Lalu umur 40-50 tahun adalah saatnya Anda yang bekerja untuk anak muda, dalam arti Anda berinvestasi ke anak-anak muda. Karena pasti kita kalah canggih lah sama anak-anak muda. Kolaborasilah dengan mereka untuk mengakselerasi bisnis," jelas Erwin.

"Setelah tahapan umur itu, kita tinggal memantau saja. Kalau sudah 60 tahun ke atas, ya kita terus perbanyak bersyukur atas semua nikmat Tuhan," imbuh Erwin.

Sementara Ketua HIPMI Jatim Mufti Anam menambahkan, para pengusaha muda bisa menggali inspirasi dari sosok sukses seperti Erwin Aksa, yang bisnisnya telah menggurita di seluruh Indonesia.

"Tadi Bang Erwin memaparkan perjalanan bisnisnya, kita bisa mengambil pelajaran dari proses tersebut, untuk jadi panduan dan motivasi ke depan," kata Mufti Anam.

Simak Video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]

(bdh/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com