detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 19:23 WIB

Pria Bersarung dan Berkopiah Kuras Isi Kotak Amal Masjid di Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Pria Bersarung dan Berkopiah Kuras Isi Kotak Amal Masjid di Pasuruan Pencuri isi kotak amal yang terekam kamera CCTV/Foto: Tangkapan Layar
Pasuruan - Seorang pria yang mengenakan sarung dan kopiah mencuri uang dalam kotak amal masjid di Pasuruan. Aksi pencurian itu terekam kamera CCTV.

Video pencurian itu diunggah akun Akhmat Riyat di Facebook pada pukul 11.30 WIB. Sang pencuri tampak mendongkel kunci kotak amal dengan besi diduga obeng. Kotak amal tersebut melekat pada salah satu tiang di serambi masjid.

Setelah gembok terlepas, pria yang mengenakan jaket dan membawa tas kecil ini mengamati situasi sekitar. Yakin situasi aman, ia menguras uang dalam kotak dan memasukkannya ke tas.


Usai menguras uang, pria tersebut kembali memastikan situasi sekelilingnya. Beberapa detik kemudian ia mengembalikan posisi gembok seperti semula dengan obeng sehingga seperti tak terjadi apa-apa dengan kotak amal.

Dalam aksi yang berlangsung sekitar satu menit, pria berkopiah itu tampak tenang. Sang pengungah video memberi keterangan tempat dan waktu kejadian. Aksi pencurian terjadi di Masjid Al Muttaqin, Kelurahan Tembokrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Sabtu (13/7).


"Maling kotak amal masjid terekam CCTV milik Masjid Al Muttaqin Tembokrejo, Kota Pasuruan. Terlihat pelaku yang melakukan aksinya pada Sabtu (13/07) lalu leluasa mencongkel kotak amal yang berada di lantai luar masjid. Ta'mir masjid belum melaporkan ke pihak berwajib dan masih menunggu i'tikad baik dari pelaku," demikian keterangan video.

Di wilayah Purworejo kerap terjadi pencurian kotak amal. Beberapa di antaranya tertangkap dan dimassa. Pada April lalu misalnya, seorang pria dihajar warga kedapatan mencuri kotak amal musala di Lingkungan Doropayung, Kelurahan Sekargadung.


Simak Juga 'Oknum TNI Maling Kotak Amal di Masjid':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Gelak Tawa di Lomba HUT RI, Prajurit TNI AL Indonesia Vs Marinir AS"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed