detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 18:28 WIB

Ada Stiker Tawaran Lolos Jalur Mandiri Universitas Brawijaya, Ini Faktanya

Muhammad Aminudin - detikNews
Ada Stiker Tawaran Lolos Jalur Mandiri Universitas Brawijaya, Ini Faktanya Foto: Istimewa
Surabaya - Stiker menawarkan lolos jalur belakang di Universitas Brawijaya sempat menyebar. Kampus ternama itu menuding tawaran itu sebagai informasi hoax. Kasus itu telah dilaporkan ke polisi.

"Itu tidak benar alias hoax. Tidak pernah ada tawaran lolos lewat belakang. Semua harus dilakukan melalui tes, berupa seleksi yang sudah ditentukan," ungkap Kepala Bagian Humas Universitas Brawijaya Kotok Guritno dikonfirmasi detikcom, Selasa (16/7/2019).

Menurut Kotok, stiker disebarkan oleh seseorang di area kampus. Tak lama kemudian, ulah pelaku yakni penyebar stiker terungkap dan diamankan.

"Itu disebar di area kampus, tapi kemudian terungkap dan diamankan pelakunya (penyebar stiker)," ujar Kotok.

Menurut Kotok, tim hukum dari Universitas Brawijaya telah resmi melaporkan kasus ini kepada polisi. Untuk dilakukan penanganan hukum sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.


"Sudah dilaporkan ke polisi, melalui tim hukum yang kami. Lebih jelasnya bisa menanyakan langsung kesana," tutur Kotok.

Berikut deretan kalimat yang dicantumkan.

Seleksi Mandiri / Selma UB Malang 2019
Jalur belakang langsung LOLOS, Jurusan Sainteks dan Soshum
Pembayaran dibelakang setelah pengumuman
Dijamin LOLOS !!! Kuota terbatas
Universitas Brawijaya sudah memulai seleksi untuk jalur mandiri 2019. Tahun ini, Universitas Brawijaya membuka kuota jalur mandiri untuk sebanyak 3.395 orang.

Tercatat sebanyak 13.073 peserta mengikuti seleksi jalur mandiri di Universitas Brawijaya. Dari jumlah tersebut, peserta saintek menempati urutan teratas dengan peserta sebanyak 7.371 orang, peminat kedua terbanyak adalah Soshum, dengan jumlah peserta 5.416 orang, sedangkan campuran sebanyak 286 orang, dengan 75 pilihan program studi.

Untuk seleksi mandiri 2019, UB menyiapkan 669 ruang, 1.338 orang pengawas dan 33 penanggung jawab ruang. Hasil tes jalur mandiri ini akan diumumkan pada ( 20/7/2019) mendatang.

Khusus Seleksi Mandiri Program Difabel (SMPD), tes akan dilaksanakan (16/7-18/7/2019). Tes meliputi wawancara dan ujian berbasis komputer. Peserta difabel yang mendaftar sebanyak 37 orang terdiri 14 peserta tuli, 3 tunanetra, 10 tunadaksa, 7 ADHD, 1 tuli-tunagrahita, dan 2 tunagrahita-ADHD.

Simak Video "Status Hukum Akun Penghina Jokowi Ditentukan 1x24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed