detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 17:54 WIB

Menyebar! Stiker Tawaran Lolos Jalur Mandiri Universitas Brawijaya Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
Menyebar! Stiker Tawaran Lolos Jalur Mandiri Universitas Brawijaya Malang Stiker 'jalur belakang'/Foto: Istimewa
Malang - Stiker memuat jalur belakang bagi calon mahasiswa baru muncul di tengah seleksi jalur mandiri di Universitas Brawijaya (UB). Dalam stiker juga mencantumkan nama beserta nomor telpon untuk dihubungi.

Penyebaran stiker diduga dilakukan di area kampus Universitas Brawijaya Jalan Veteran, Kota Malang. Tujuannya, untuk memancing reaksi calon mahasiswa baru yang tengah mengikuti seleksi jalur mandiri.

Dari stiker yang ditemukan, termuat kalimat penawaran 'jalur belakang' dengan jaminan lolos seleksi mandiri. Berikut deretan kalimat yang dicantumkan.


Seleksi Mandiri / Selma UB Malang 2019
Jalur belakang langsung LOLOS, Jurusan Sainteks dan Soshum
Pembayaran dibelakang setelah pengumuman
Dijamin LOLOS !!! Kuota terbatas

Dalam stiker juga mencantumkan nama seseorang (Leny) beserta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Universitas Brawijaya membenarkan adanya penyebaran stiker berisi adanya tawaran jalur belakang lolos seleksi mandiri itu. Sebab, penyebaran terungkap setelah sejumlah orang melaporkannya.

"Iya benar, sempat terjadi dan disebar di area kampus," kata Kepala Bagian Humas Universitas Brawijaya Kotok Guritno dikonfirmasi detikcom, Selasa (16/7/2019).


Universitas Brawijaya sudah memulai seleksi untuk jalur mandiri 2019. Tahun ini, Universitas Brawijaya membuka kuota jalur mandiri untuk sebanyak 3.395 orang.

Tercatat sebanyak 13.073 peserta mengikuti seleksi jalur mandiri di Universitas Brawijaya. Dari jumlah tersebut, peserta saintek menempati urutan teratas dengan peserta sebanyak 7.371 orang, peminat kedua terbanyak adalah Soshum, dengan jumlah peserta 5.416 orang, sedangkan campuran sebanyak 286 orang, dengan 75 pilihan program studi.

Untuk seleksi mandiri 2019, UB menyiapkan 669 ruang, 1.338 orang pengawas dan 33 penanggung jawab ruang. Hasil tes jalur mandiri ini akan diumumkan pada ( 20/7/2019) mendatang.

Khusus Seleksi Mandiri Program Difabel (SMPD), tes akan dilaksanakan (16/7-18/7/2019). Tes meliputi wawancara dan ujian berbasis komputer. Peserta difabel yang mendaftar sebanyak 37 orang terdiri 14 peserta tuli, 3 tunanetra, 10 tunadaksa, 7 ADHD, 1 tuli-tunagrahita, dan 2 tunagrahita-ADHD.

Simak Video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +