detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 15:21 WIB

Terapkan Pelayanan Standarisasi Perguruan Tinggi, IT Telkom Raih Dua ISO

Amir Baihaqi - detikNews
Terapkan Pelayanan Standarisasi Perguruan Tinggi, IT Telkom Raih Dua ISO Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) mendapatkan dua sertifikasi ISO (International Organization for Standardization) 9001:2015 dan ISO 21001:2018 dari PT Decra Grup Indonesia ISO. Penghargaan itu didapat karena berhasil menerapkan standarisasi dalam pelayanan perguruan tinggi.

Wakil Rektor II IT Telkom Tri Agus Djoko Kuntjoro merasa bersyukur dengan capaian yang telah diraih. Sebab mengingat usia kampus yang baru berdiri belum genap setahun.

"Jadi dampak perolehan ini adalah pertama standarisasi pelayanan perguruan tinggi khususnya di Indonesia sudah diakui internasional. Yang kedua membawa nama Intitut Teknologi Telkom yang merupakan CSR nya Telkom untuk mendidik masyarakat terutama putra putrinya di sini," kata Tri dalam jumpa pers serah terima sertifikat ISO di kampus IT Telkom Surabaya, Selasa (16/7/2019).


"Ini menjadi jaminan kualitas atau mutu yang dipegang pelayanannya nanti menghadapi era industri 4.0 khususnya yang suda ramai di 4.0 sehingga lulusannya mudah diserap industri," Tri menambahkan.

Sementara itu Direktur Decra Solichin Agung Darmawan menjelaskan penghargaan dua sertifikasi ISO tidak bisa disamakan dengan akreditasi kampus. Namun, dengan adanya ISO yang diraih akan menjadi pertimbangan untuk meraih akreditasi yang merupakan syarat mutlak sebuah universitas.

Tentunya dengan proses yang dikelola dengan benar dari IT Telkom akan memperkuat untuk akreditasinya. Tapi tidak berarti ISO dan akreditasi adalah sama. Karena akreditasi itu syarat mutlak sebuah PT. Itu wajib. ISO itu akan mendukung akreditasi. Dengan tata kelola yang baik kita harapkan berjalan dengan baik," terang Solichin.

Menurut Solichin, ISO akan berlaku selama 3 tahun sekali. Dan selama 3 tahun tersebut jika penerima ISO tidak memenuhi standarisasi pelayanan, pihaknya akan mencabut sertifikat.


"ISO ini berlaku selama 3 tahun dimana setiap setahun sekali kami akan mengecek di IT Telkom masih on the track nggak. Kalau ternyata tidak on the track kami akan ambil lagi atau cabut lagi," bebernya.

"Jadi bukan hanya mendapatkannya saja tapi juga mempertahankannya juga. Dari situ auditor kami melihat komitmen dari manajemen sama seluruh civitas. Setelah 3 tahun kalau ISO nya tidak direvisi maka namanya re-sertification tinggal diaudit ulang lagi untuk meminta sertifikat lagi," tandas Solichin.

Serah terima sertifikasi ISO aendiri diberikan langsung dari Direktur PT Decra Group Indonesia Solichin Agun Darmawan ke Wakil Rektor II Tri Agus Djoko Kuntjoro dan disaksikan oleh perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2 Dikti) Ismanto Hadi.

Simak Video "Nyamar Jadi Pekerja, Sindikat Pencuri Kabel Telkom di Jakarta Dibekuk!"
[Gambas:Video 20detik]

(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com