detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 14:33 WIB

Gempa di Bali, Bupati Anas: Kita Sudah Turunkan Tim Reaksi Cepat dan BPBD

Ardian Fanani - detikNews
Gempa di Bali, Bupati Anas: Kita Sudah Turunkan Tim Reaksi Cepat dan BPBD Bangunan di Banyuwangi terdampak gempa Bali/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berbela sungkawa atas peristiwa gempa magnitudo 6 yang terpusat di Nusa Dua, Bali. Bupati Anas minta pendataan dan penanganan korban gempa yang dilakukan tim reaksi cepat dan BPBD Banyuwangi dilakukan dengan baik.

Pemkab Banyuwangi, kata Anas, memiliki tim reaksi cepat yang menangani persoalan bencana. Pihaknya, bersama BPBD bakal memberikan bantuan kepada korban yang mengalami kerugian akibat gempa.

"Nanti tim dan BPBD dan Pemerintah daerah akan datang untuk support membantu. Bagi mereka yang kena musibah. Tim reaksi cepat, bantuan secepatnya besok akan diberikan," ujarnya kepada detikcom, Selasa (16/7/2019).

Dikatakan Anas, tidak ada korban jiwa meninggal dalam musibah ini. Namun beberapa bangunan rumah ada yang ambrol.


"Untuk bencana memang tadi cukup besar guncangan di Banyuwangi. Tapi Alhamdulillah tidak ada gedung-gedung yang penting yang rusak akibat gempa ini. Kecuali beberapa rumah yang secara konstruksi, saya mendapat laporan tidak terlalu kuat. Dan atas yang kena bencana kami berbelasungkawa, meski tidak ada korban jiwa," pungkasnya.

Sementara BPBD Kabupaten Banyuwangi, mencatat hingga kini terdapat sekitar 10 bangunan yang mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan magnitudo 6. Peristiwa ini juga membuat satu orang luka-luka akibat tertimpa material rumahnya.

"Ada satu korban mengalami luka saat dan sudah dirawat di Puskesmas," kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Banyuwangi, Eka Muharram.

Gempa berdampak kuat di Kabupaten Banyuwangi yang secara geografis berdekatan, dengan pusat gempa. Bangunan yang rusak seperti rumah ibadah, rumah pribadi dan perkantoran dengan kerusakan atap bangunan roboh hingga genting melorot.


Bangunan rusak akibat gempa tersebar di beberapa kecamatan, seperti Pesanggaran, Tegaldlimo, Purwoharjo, Gambiran, Srono, Cluring dan Blimbingsari.

"Kerusakan terjadi rata-rata hingga 50 persen," ujarnya.

Gempa dengan kedalaman 68 Km juga dirasakan di Badung, Denpasar, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Barat, Karangkates, Sumbawa, Lombok Timur, Lombok Utara, Jember, Banyuwangi, Jember, Situbondo dan Lumajang.


Dampak Gempa M 6 di Bali, Genting SD dan Kantor Camat Rontok:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Kerusakan di Banyuwangi Akibat Gempa M 6 di Bali"
[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com