detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 21:37 WIB

Ini Alat Canggih Milik Polisi yang Dipamerkan Saat Hari Bhayangkara

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Ini Alat Canggih Milik Polisi yang Dipamerkan Saat Hari Bhayangkara Celebrite Ufed Touch/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Dalam puncak perayaan HUT ke-73 Bhayangkara di Jatim, ada pameran yang memperlihatkan alat-alat canggih milik kepolisian. Termasuk alat yang digunakan untuk melihat isi ponsel.

Alat pemeriksa isi ponsel tersebut bernama Celebrite Ufed Touch. Perangkat digital ini merupakan salah satu koleksi Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Cabang Surabaya.


Masyarakat kini diizinkan melihat alat tersebut dari dekat, yakni dalam pameran yang digelar dalam puncak Peringatan HUT ke 73 Bhayangkara. Pameran ini digelar di lapangan Makodam V/Brawijaya Surabaya, Rabu (10/7).

"Alat ini digunakan memeriksa isi ponsel," kata Kepala Urusan Narkoba Forensik Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya AKP Yuli Khrisna di Makodam V/Brawijaya Surabaya, Kamis (11/7/2019).

Yuli memaparkan, perangkat digital buatan Inggris itu bisa mengakses semua aktivitas ponsel. Saat tersambung ke konektor, semua isi ponsel pun langsung bisa diakses melalui layar monitor laptop.

"Bahkan aktivitas yang sudah dihapus di ponsel," imbuhnya.


Tak hanya itu, alat ini juga kerap digunakan untuk melakukan penyidikan suatu kasus. Semua ponsel juga bisa dibaca meskipun histori penggunaannya telah dihapus.

"Semua informasi dari ponsel bisa diakses melalui alat ini. Karena prinsipnya di semua ponsel saat nomor ponsel diregistrasi, semua aktivitas pasti bisa diakses," lanjut Yuli.

Video: Selalu Bungkam, Vanessa Angel Bicara Soal Kasus Konten Asusila
[Gambas:Video 20detik]

Semua peralatan di Labfor Polri ini merupakan peralatan yang mendukung kinerja penyidikan polisi dengan pendekatan scientific crime investigation. Tak hanya alat pendeteksi ponsel, Polda Jatim juga memamerkan alat-alat canggih lain. Misalnya gas detector untuk mendeteksi aroma gas, perangkat pemeriksa uang palsu, pemeriksa jenis narkoba, hingga perangkat pemeriksa serpihan bom bernama Sabre 4000 dan FT IR.

"Alat ini digunakan untuk mendeteksi serpihan bom yang diledakkan di sejumlah lokasi di Surabaya beberapa waktu lalu," pungkasnya.

Namun Yuli mengatakan alat yang dipamerkan hanya sebagian. Pasalnya di Mapolda Jatim masih banyak alat berukuran besar yang canggih-canggih.

Simak Video "HUT ke-73 Bhayangkara, TNI-Polri Bahu-membahu Capai Pucuk Pinang"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed