detikNews
Kamis 04 Juli 2019, 16:11 WIB

Lanjutkan Aksi May Day, Ratusan Buruh Demo di Kantor Gubernur Jatim

Amir Baihaqi - detikNews
Lanjutkan Aksi May Day, Ratusan Buruh Demo di Kantor Gubernur Jatim Ratusan buruh demo di depan Kantor Gubernur Jatim/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) kembali menggelar aksi di depan kantor Gubernur Jatim. Ada 6 tuntutan yang mereka sampaikan dan masih terkait Hari Buruh Sedunia 1 Mei lalu.

Sekretaris FSPMI Jazuli mengatakan, aksi ini merupakan hasil dari kesepakatan rapat koordinasi yang dilakukan tanggal 21 Juni. Dalam rapat tersebut, mereka menyikapi hasil dari aksi Hari Buruh yang saat ini masih berkembang.

"Aksi ini dalam rangka menindaklanjuti hasil May Day (Hari Buruh Sedunia) 2019 lalu serta menanggapi isu-isu ketenagakerjaan yang masih berkembang," kata Jazuli di lokasi, Kamis (4/7/2019).


Menurut Jazuli, ada 6 tuntutan yang disampaikan dalam aksi ini. Salah satunya adalah tetap menolak revisi UU 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan yang saat ini masih belum dipenuhi oleh pemerintah.

"Tuntutan menolak revisi Undang-undang 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan sendiri ini ada 5 poin tuntutan turunan," terang Jazuli.


"5 poin tuntutan turunan ini adalah menolak kenaikan UMK 2 tahun sekali, menolak UMK padat karya dan UMK sektor tekstil, menolak penghapusan atau pengurangan pesangon, menolak perbudakan modern dan pelarangan mogok kerja," imbuhnya.

Menurut Jazuli, selain penolakan revisi UU 13, masih ada 5 tuntutan lainnya. Salah satunya adalah implementasi 9 tuntutan pada aksi May Day 2019.

"Salah satunya itu implementasikan 9 tuntutan kita pada May Day. Ini belum sepenuhnya dilaksanakan," pungkas Jazuli.

Simak Video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com