detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 18:40 WIB

Seorang Tenaga Medis di Pacitan Tertular Hepatitis A Usai Rawat Pasien

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Seorang Tenaga Medis di Pacitan Tertular Hepatitis A Usai Rawat Pasien Kadinkes Pacitan dr Eko Budiono/Foto: Purwo Sumodiharjo
Pacitan - Seorang tenaga kesehatan di Pacitan terpapar Hepatitis A. Karyawan salah satu Puskesmas itu tertular setelah merawat pasien penderita Hepatitis A selama beberapa hari.

"Ya. Ada yang dites (hasilnya) positif Hepatitis A pakai tes cepat molekuler," ucap Dr Eko Budiono, Kepala Dinas Kesehatan Pacitan saat berbincang dengan detikcom, Kamis (27/6/2019) siang.

Eko mengakui, banyak petugas kesehatan yang mengaku kelelahan setelah beberapa hari merawat pasien. Dinas Kesehatan melakukan mobilisasi personel dari Puskesmas yang tidak menangani pasien Hepatitis A ke Puskesmas yang menampung banyak pasien.

Masih menurut Eko, penularan virus yang tergolong cepat harus disiasati dengan baik. Karena itulah beberapa Puskesmas berinisiatif membeli sarana tes cepat molekuler. Piranti tersebut sangat bermanfaat untuk diagnosa awal infeksi.


Tidak hanya itu, dinas yang dipimpinnya juga sedang mengkaji langkah lain guna membentengi petugas di lapangan. Satu di antaranya dengan pemberian vaksin Hepatitis A.

Bagi petugas yang merawat langsung pasien, Eko berpesan agar selalu mengenakan alat pengaman diri. Seperti sarung tangan maupun cattle pack. Benda mirip gaun yang menutup dada tersebut harus langsung dicuci usai dipakai.

"Jumlah daripada sarung tangannya kita tambah. Karena sarung tangan sekali pakai langsung buang," tambahnya.


Hingga pukul 07.00 WIB, penderita Hepatitis A di Pacitan mencapai 824 orang. Penderita terbanyak berada di Puskesmas Sudimoro. Yakni 481 orang.

Berikutnya Puskesmas Ngadirojo dengan jumlah pasien mencapai 137 orang. Di urutan ketiga Puskesmas Sukorejo dengan 78 penderita, disusul Tulakan sebanyak 58 penderita. Dari Puskesmas Wonokarto dilaporkan ada 37 penderita.

Sedangkan untuk Puskesmas Bubakan yang berada di wilayah Kecamatan Tulakan, jumlah penderita tercatat 17 orang. Lonjakan justru terjadi di wilayah Arjosari. Angka terkini menunjukkan ada 11 penderita. Padahal sehari sebelumnya hanya 2 orang.

Sedangkan di wilayah Puskesmas Tegalombo ditemukan 4 penderita. Terakhir di Puskesmas Ketrowonojoyo Kecamatan Kebonagung ada 1 pasien.


701 Warga Terjangkit Hepatitis A, Pacitan Berstatus KLB:

[Gambas:Video 20detik]






(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed