detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 15:54 WIB

Didiagnosa Asma Akut, Begini Kondisi Pernapasan Risma

Amir Baihaqi - detikNews
Didiagnosa Asma Akut, Begini Kondisi Pernapasan Risma Jumpa pers tim dokter dan humas pemkot surabaya/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Pernafasan Wali Kota Risma pasca didiagosa asma akut terus membaik. Ukuran terus membaiknya kondisi Risma dinilai dari pernapasan yang diberikan, diibaratkan dari 100 persen menjadi 60 persen.

Hal itu diungkapkan Kepala Instalasi Rawat Intensif RSU dr Soetomo dan Reanimasi dr Hardiono SpAn KIC KAKV. Hingga kini Risma masih dirawat di ICU Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) lantai II.

Dia mengatakan secara garis besar pernafasan Risma terus membaik sejak dirujuk ke RSU dr Soetomo. "Kondisinya stabil, trennya membaik kita bisa lihat dari pernapasan," kata Hardiono kepada wartawan di GBPT RSU dr Soetomo, Kamis (27/6/2019).


"Ibaratnya waktu awal kita berikan oksigen 100 persen, sekarang itu kita bisa berikan oksigen 60 persen. Dengan kondisi yang lebih baik. Itu kriteria yang membaik," lanjut Hardiono.

Hardiono juga membenarkan, bahwa saat ini, Risma juga sudah bisa merespon dan komunikasi. Namun komunikasi terbatas dari keluarga dan tim dokter.

"Hari ini sudah kontak dengan keluarga. Semua fungsi organnya baik, jantungnya bagus, organnya bagus. Semua kondisinya bagus. Kita mempertahankan kondisi yang stabil ini," tandas pria yang juga salah satu dokter yang menangani Risma.


Sebelum, menurunnya kondisi Risma salah satunya disebabkan karena penyakit asma akutnya kambuh. Namun pihak RSU dr Soetomo mengungkapkan serangan asma yang diderita Risma sudah mulai membaik sejak dirujuk ke rumah sakit terbesar di Indonesia Bagian Timur, Selasa (25/6/2019).



Lihat juga video saat Wali Kota Risma Masuk ICU:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed