detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 12:53 WIB

Pedagang Ayam Eceran Untung Banyak Saat Harga di Peternak Anjlok

Suparno - detikNews
Pedagang Ayam Eceran Untung Banyak Saat Harga di Peternak Anjlok Pedagang ayam di Pasar Sepanjang, Sidoarjo/Foto: Suparno
Sidoarjo - Harga ayam yang anjlok di tingkat peternak justru memberikan keuntungan yang besar bagi para pedagang di pasar. Itu karena harga di pasar relatif normal.

Saat ini, harga ayam di tingkat peternak anjlok hingga Rp 6 ribu sampai Rp 8.500 per kilogram. Sedangkan harga di pengepul sekitar Rp 10.500.

Hal itu seperti yang disampaikan salah seorang distributor ayam di Pasar Sepanjang, Kecamatan Taman, Iman Buchori. Menurutnya, anjloknya harga ayam di tingkat peternak membuat pengecer di pasar untung banyak.


"Kami ambil ayam di wilayah Pasuruan, Malang dan Lamongan per kilogramnya Rp 8.500, kemudian dijual Rp 10.500. Sedangkan pedagang eceran menjual antara Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per kilogramnya," kata Imam, Kamis (27/6/2019).

Tidak hanya mendapat untuk yang lebih besar dari setiap kilogramnya, pedagang eceran dan pengepul bisa menjual ayam lebih banyak. Dengan begitu, omzet mereka pun otomatis meningkat.

"Sebelum harga ayam di peternak anjlok, sehari kami hanya mampu menghabiskan ayam sekitar 5 ton. Namun setelah harga ayam anjlok sehari mampu menghabiskan 6 hingga 6,5 ton," imbuh Iman.


Salah seorang pedagang ayam di Pasar Sepanjang mengatakan, pihaknya mengambil daging ayam dari distributor Rp 10.500 per kilogram. Kemudian dijual dengan harga Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per kilogram.

"Setelah Lebaran Idul Fitri harga ayam di pasaran harganya masih stabil. Tapi harga daging ayam dari distributor harganya malah menurun, ya itu keuntungan tersendiri bagi pedagang eceran," pungkas Khoirul.

Simak Video "Status Hukum Akun Penghina Jokowi Ditentukan 1x24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed