detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 21:05 WIB

Antisipasi Pengerahan Massa ke Jakarta, Polisi Sekat 3 Titik di Tuban

Ainur Rofiq - detikNews
Antisipasi Pengerahan Massa ke Jakarta, Polisi Sekat 3 Titik di Tuban Razia gabungan yang dilakukan polisi dan TNI (Foto: Ainur Rofiq)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Tuban - Pembacaan putusan sengketa pilpres rencananya dibacakan 27 Juni 2019 di Mahkamah Konstitusi. Di luar gedung MK, telah ada aksi oleh ratusan orang.

Mengantisipasi pergerakan massa dari luar Jakarta yang akan menuju ke Jakarta guna menggelar aksi serupa, polisi di Tuban menggelar razia di sejumlah titik.

Razia dilakukan di tiga titik yaitu di perbatasan Tuban-Rembang dengan jumlah kekuatan 60 personel gabungan dari Polres Rembang dan Polres Tuban serta TNI dan Satpol PP. Lokasi kedua digelar di Jalan Cokroaminoto dipimpin langsung Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono dengan kekuatan 80 personel, dan lokasi ketiga di jalur pantura Tuban.


Nanang mengatakan malam ini Polres Tuban dan polsek jajaran melaksanakan patroli gabungan dengan TNI dan Satpol PP untuk melaksanakan razia.

"Jadi razia malam ini kita laksanakan untuk mengantisipasi massa dari luar Jakarta yang hendak menuju Jakarta yang bermaksud menggelar aksi jelang putusan sidang sengketa pilpres di MK. Kami jajaran Polres Tuban dan TNI serta instansi terkait lainnya menggelar razia di tiga tempat yang berbeda dengan waktu yang berbeda pula," ujar Nanang kepada detikcom, Rabu (26/6/2019)

Menurut Nanang, pihaknua melakukan penyaringan terkait pergerakan massa pada malam ini sampai dengan putusan MK dan selanjutnya mereka akan dikonfirmasi tujuannya. Jika tidak jelas, maka mereka akan disekat dan diminta tak meneruskan perjalanan ke Jakarta atau diminta kembali ke tempat asalnya.


"Kalau ada massa yang melewati wilayah Tuban akan dilaksanakan filterisasi, kita tanyakan tujuan mereka akan ke Jakarta itu untuk apa? Kalau memang tujuannya tak jelas, kita data dan disuruh kembali ke tempat asal." pungkas Nanang.
(iwd/iwd)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed