detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 17:22 WIB

Awal Mula Asma dan Maag Akut Wali Kota Risma Kambuh

Amir Baihaqi - detikNews
Awal Mula Asma dan Maag Akut Wali Kota Risma Kambuh Humas pemkot dan RSU dr Soetomo gelar jumpa pers/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Pemkot Surabaya membantah jika Wali Kota Tri Rismaharini sempat kritis selama mendapat perawatan awal di RSUD dr Soewandhi. Lalu bagaimana awal mula kondisi kesehatan Risma menjadi drop.

Kepala Dinkes Kota Surabaya Febria Racmanita mengatakan wali kota 2 periode itu tidak mengalami kritis namun drop saja. Selama di RSUD dr Soewandhi dan RSU dr Soetomo pun juga tidak kritis.

"Oh nggak (kritis). Ya namanya perawatan intensif ya mesti kesehatannya lagi drop. Ya tetapi nggak kritis," kata Febria kepada detikcom usai jumpa pers di Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSU dr Soetomo, Rabu (26/6/2019).


Dia menuturkan semula Risma mulai mengeluhkan kondisinya lemas karena asma dan maag yang diidapnya kambuh. Kemudian pukul 03.30, Selasa (25/6) Risma melakukan kontrol ke RSUD dr Soewandhi.

"Jadi awalnya maag, asma kambuh dan kecapekan. Apalagi baru pulang dari luar negeri. Jadi kalau di Soewandhi itu subuh 03.30 WIB. Terus merasa lemas karena kecapekan," tutur perempuan yang disapa Fenny itu.

Di RSUD dr Soewandhi, lanjut Fenny, Risma langsung ditempatkan di ruang Intensive Care Unit (ICU). Sebab dengan ditempat di ICU dokter dan perawat bisa menangani secara khusus kepada Risma.


"Kemudian kita tempatkan di ICU agar mendapatkan perawatan intensif karena di ruang itu kan dokter dan perawat bisa melihat langsung," ujar perempuan yang juga menjabat Plt Dirut RSUd dr Soewandhi itu.

Risma sendiri usai menjalani perawatan selama 16 jam di RSUD dr Soewandhi kemudian pada pukul 19.00 dirujuk ke RSU dr Soetomo. Hal itu dilakukan sesuai dengan rekomendasi dari tim dokter agar bisa mendapatkan peratawan yang lebih baik lagi.

Saat ditanya apakah asma dan maag kambuh karena dari pola makan? Lagi-lagi Fenny menepis bukan karena hal itu. Sebab, Risma diketahui menderita asma dan maag akut sejak lama bahkan sejak sebelum menikah.

"Ibu memang punya maag dari dulu ya. Jadi maag dan asma itu sudah lama. Ya karena aktivitas ibu terlalu tinggi dan kelelahan," pungkasnya.


Nonton Video Wali Kota Risma Masuk ICU:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Status Hukum Akun Penghina Jokowi Ditentukan 1x24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +