detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 13:45 WIB

Kenalkan, Ini Lima Maskot Porprov Jatim VI

Hilda Meilisa - detikNews
Kenalkan, Ini Lima Maskot Porprov Jatim VI Lima maskor Porprov Jatim (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jatim VI dihelat pada 6-13 Juli di Lamongan, Tuban, Gresik, dan Bojonegoro. Ada lima maskot yang diperkenalkan kepada publik.

Lima maskot ini mencerminkan wilayah diselenggarakannya Porprov. Lima maskot tersebut yakni Lilo atau ikan lele khas Lamongan yang merepresentasikan kelincahan, kecerdasan dan semangat juang tanpa henti.

Maskot kedua yakni Meli yakni burung meliwis putih atau belibis dari Bojonegoro yang berkepribadian lincah, cepat, cerdas dan berprestasi. Selanjutnya ada Lawe atau kuda Ronggolawe yang membawa jiwa semangat, kecepatan, kekuatan, menjunjung nilai sportivitas, fairplay dan penuh komitmen.

Lawe merupakan gambaran dari sosok ketokohan Ronggolawe, Adipati Tuban. Sementara ada pula Giro atau kerbau giras yang menjadi simbol berkobarnya semangat masyarakat Gresik. Terakhir yakni Beki atau Ayam Bekisar yakni fauna khas Jawa Timur. Ayam bekisar melambangkan sifat berani, lincah, milenial dan berprestasi.


Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan lima maskot ini diharap bisa membantu memperkenalkan potensi setiap daerah. Khofifah ingin maskot ini juga bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Lima maskot ini penting untuk identifikasi kita semua. Ada warteg yang berada di Aceh sampe Papua, orang Lamongan akan percaya diri bawa maskot Lilo karena pecel Lamongan," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (26/6/2019).

"Ketika kita punya momentum yang strategis, saya mohon pada kita semua untuk bisa menyampaikan pesan sportivitas. Ajak anak kita yang sedang berlibur untuk menonton, ada pelaku UKM menyiapkan maskot-maskot," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Khofifah berpesan kepada penyelenggara untuk menggandeng pelajar SMP hingga SMA yang tengah libur sekolah untuk menjadi relawan. Menurut Khofifah hal ini akan menambah pengalaman menarik bagi anak-anak saat libur sekolah.


"Saya ingin mendapatkan komhitmen relawan untuk dikomunikasikan, saat liburan mereka bisa membantu pelaksanaan Porprov. Mungkin kita tidak bisa berharap tataran relawan yang profesional. Kita mengenalkan mereka untuk cinta olah raga," lanjutnya.

Khofifah juga optimis dengan pagelaran Porprov ini akan meningkatkan sportivitas hingga mengasah kualitas para atlet. Khofifah berharap para atlet bisa meraih berbagai penghargaan internasional.

"Sebetulnya atlet Jatim sudah menembus dunia, kita ingin menguatkan yang milenial karena pesertanya mulai dari 16 tahun. Kita ingin mengajak milenial menuju prestasi. Kita juga harus menyiapkan generasi alfa menuju prestasi," pungkasnya.
(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed