detikNews
Senin 24 Juni 2019, 15:47 WIB

SMAN 6 Surabaya Optimis Bisa Penuhi Pagu di PPDB 2019

Amir Baihaqi - detikNews
SMAN 6 Surabaya Optimis Bisa Penuhi Pagu di PPDB 2019 SMA N Negeri 6 Surabaya/Foto: Amir Baihaqi
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Surabaya - PPDB dengan sistem zonasi masih berlangsung di Surabaya. Sebuah SMA Negeri di Kota Pahlawan optimis pagu terpenuhi.

Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sejumlah SMA Negeri di Surabaya sudah memasuki tahap akhir. Beberapa sekolah bahkan sudah melaksanakan daftar ulang pada pendaftaran PPDB offline.

Salah satu sekolah yang sudah merampungkan pendaftaran ulang offline yakni SMAN 6. Hampir semua pagu sudah terpenuhi dari berbagai jalur yang ada.


Waka Humas SMAN 6 Yatimun mengatakan, pihaknya telah melaksanakan PPDB sesuai surat edaran Kementerian Pendidikan. Yakni melaksanakan sistem zonasi sesuai dengan pembagian offline dan online.

"Kita mengikuti surat edaran menteri melaksanakan sistem zonasi dengan pembagian seperti biasa ada offline ada online. Yang offline sudah selesai. Itu ada jalur mitra warga, kemudian jalur prestasi, kemudian ada jalur buruh, yang terakhir jalur mutasi orang tua untuk yang PNS, TNI, Polri, dan BUMN," kata Yatimun saat berbincang dengan detikcom, Senin (24/6/2019).

"Offline bahkan sudah selesai semua sudah melakukan daftar ulang. Alhamdulillah semua sudah kita layani dengan baik. Baik yang prestasi, akademik dan non akademik sudah tuntas bahkan mereka sudah daftar ulang," terangnya.


"Kita belum tahu pagu terpenuhi atau belum. Karena harus nunggu sampai besok. Tetapi tadi saya cek di satu ruang kelas tinggal 2 orang yang belum daftar ulang. Ini nanti kalau datang berarti hampir semuanya akan full pagunya terpenuhi,"

Sedangkan untuk yang online, lanjut Yatimun, pihaknya baru akan mengumumkan pada Sabtu mendatang. Ada dua kategori dalam pendaftaran online. Yakni menggunakan sistem zonasi berdasarkan jarak rumah dengan sekolah dan nilai Ujian Nasional (UN) yang mendapatkan jatah 20 persen.

"Online pengumuman hari Sabtu itu akan diumumkan siapa yang diterima dan tidak berdasarkan jarak dan prestasi UN. Yang UN itu 20 persen yang jarak zonasi 50 persen. Kalau yang sebelumnya kan 30 persen. Jadi hari ini mereka yang masuk jalur online sudah daftar ditunggu sampai besok pukul 15.00," pungkasnya.


(sun/bdh)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed