detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 19:09 WIB

Tes PIT Basemen Alun-alun Suroboyo Diundur, Ini Alasannya

Amir Baihaqi - detikNews
Tes PIT Basemen Alun-alun Suroboyo Diundur, Ini Alasannya Sketsa pembangunan alun-alun Suroboyo (Foto: Istimewa)
Surabaya - Pemkot Surabaya mengundur jadwal pelaksanaan tes PIT (pile integrity test) pembangunan basemen Alun-alun Suroboyo dan penutupan Jalan Yos Sudarso yang rencananya dilakukan mulai hari ini. Pengunduran itu disebabkan ada imbauan dari pihak kepolisian karena pelaksanaan tes berbarengan dengan kegiatan lain.

"Karena di tanggal tersebut ada kegiatan, jadi kita tunda penutupan separuh jalan dan tes PIT, biar tidak semakin menambah kemacetan arus lalu lintas," kata Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Iman Krestian dalam keterangan resminya, Kamis, (20/6/2019).

Iman mengatakan kegiatan yang dimaksud adalah kunjungan Presiden Jokowi. Hari ini memang Jokowi ke Surabaya untuk menghadiri pernikahan Rais Aam PBNU di Kedung Tarukan.


Dikatakan Iman, waktu pelaksanaan penutupan tetap selama 4 hari. Karena ada pengunduran, maka pihaknya telah mengganti waktu pelaksanaan yakni tanggal 20 dan 21 Juni menjadi 1 sampai 2 Juli. Sedangkan untuk pengganti tanggal 23 dan 24 Juni menjadi 3 dan 4 Juli.

Lalu bagaimana dengan pengalihan lalu lintas saat penutupan Jalan Yos Sudarso? Iman menjelaskan, pengalihan lalu lintas tidak akan berubah. Sebab penutupan jalan sesuai dengan rencana awal yaitu lajur sisi barat dan timur untuk masing-masing 2 hari.

"Yang berubah hanya tanggalnya yang diundur. Tetapi untuk rekayasa lalu lintas dan pengawalan kami tetap sama," ujarnya.


Dikatakan Iman, pada saat pelaksanaan tes PIT mulai tanggal 1 Juli maka penutupan satu lajur jalan akan dimulai pada pukul 00.00 WIB. Sebab dengan begitu, pengendara bisa mencari alternatif jalan lain.

"Artinya, saat pengendara melintas Jalan Yos Sudarso di pagi hari, diharapkan bisa mencari alternatif jalan lain," pungkas Iman.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed