detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 14:58 WIB

Pesona Embun di Pasir Gunung Bromo Membeku Jadi 'Salju'

M Rofiq - detikNews
Pesona Embun di Pasir Gunung Bromo Membeku Jadi Salju Butiran 'salju' di pasir Gunung Bromo/Foto: M Rofiq
Probolinggo - Suhu di Kawasan Wisata Gunung Bromo cenderung rendah dalam beberapa pekan terakhir. Warga dan wisatawan kerap menjumpai butiran salju di atas dedaunan dan pasir.

Cuaca ekstrem hingga 4 derajat celsius kerap terjadi di kawasan Wisata Gunung Bromo. Embun yang membasahi dedaunan dan hamparan pasir Gunung Bromo membeku. Butiran embun tersebut mengkristal sehingga dedaunan dan pasir tersebut bak dilapisi salju.

Pemandangan yang tidak setiap hari bisa dijumpai itu dibenarkan Yanti. Ia merupakan warga Jetak, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.


Menurut Yanti, 'salju Bromo' itu sudah tampak sejak beberapa pekan terakhir. Menurutnya, cuaca di lereng Bromo sudah melewati batas normal.
'Salju' tampak di dedaunan/'Salju' tampak di dedaunan/ Foto: M Rofiq

"Dingin sekali saat ini Mas. Apalagi kalo pagi hari," kata Yanti, Kamis (20/6/2019).

Yanti menambahkan, suhu paling rendah di sekitar Gunung Bromo kerap terjadi pada dini hari sampai pagi. Atau dari pukul 00.00 WIB sampai 06.00 WIB.


Wisatawan asal Yogyakarta Erma Yunita mengaku terkesan dengan adanya 'fenomena frozen' di sekitar Gunung Bromo. Ia merasa beruntung bisa melihat langsung kondisi alam Bromo yang tengah membeku.

"Luar biasa dan sangat bersyukur bisa melihat fenomena frozen di Bromo. Apalagi ini terjadinya setahun sekali. Pokoknya keren deh terlihatnya," kata Erma.

Jadi bagi para wisatawan yang hendak berlibur ke Bromo, jangan lupa membawa perlengkapan penghangat badan. Seperti jaket, topi gunung hingga kaus tangan.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed