detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 14:44 WIB

Bentrokan Banser dan FPI Warnai Penundaan Sidang Gus Nur

Hilda Meilisa - detikNews
Bentrokan Banser dan FPI Warnai Penundaan Sidang Gus Nur Banser sempat bentrok dengan FPI di luar Pengadilan Negeri Surabaya (Foto: Istimewa)
Surabaya - Bentrokan antara massa Front Pembela Islam (FPI) dengan massa Barisan Ansor Serbaguna (Banser) NU mewarnai penundaan sidang pencemaran nama baik Sugi Nur Raharja alias Gus Nur di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Polisi pun segera melerai kedua kelompok tersebut.

Sebelumnya, puluhan orang sempat berkumpul untuk mengawal persidangan kasus video hina NU Gus Nur. Bentrokan ini terjadi di sebelah area Gedung Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, tepatnya di Jalan Anjasmoro, Surabaya.

Salah satu saksi mata Abdul Rohim (46) mengatakan kejadian ini berawal dari delapan orang massa Banser dan 3 orang dari FPI yang terlibat perdebatan.

"Awalnya Banser itu tanya sama tiga orang FPI, mereka bilang ngapain ke sini belain Gus Nur, Gus Nur itu sudah rusak, begitu kata Banser sama orang FPI," kata Abdul di Surabaya, Kamis (20/6/2019).


Foto: Istimewa


Melihat hal ini, anggota FPI pun tak terima. Abdul mengatakan kemudian pihak FPI menyerang dan memukul salah satu anggota Banser lebih dulu. Massa Banser yang lain pun mulai tersulut.

"Saya lihat FPI yang duluan. Terus saling pukul saya lihatnya," imbuh Abdul.

Aksi saling dorong dan saling pukul ini pun terjadi. Beruntung, tak berselang lama, polisi datang dan melerai kedua kelompok.

Kemudian polisi mulai membubarkan keduanya hingga bentrokan tak sampai melebar. "Polisi langsung datang, Banser dan FPI cepat disuruh bubar," kata Abdul.

Sidang Gus Nur sendiri ditunda karena saksi ahli yang sedianya dihadirkan JPU batal hadir. Batal hadirnya saksi ahli dikarenakan surat undangannya salah alamat. Penundaan sidang ini membuat kecewa Gus Nur yang mengaku sudah datang jauh-jauh dari Padang.
(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed