detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 12:57 WIB

HIPMI Jatim Tekankan Penguatan Digitalisasi UMKM

Hilda Meilisa - detikNews
HIPMI Jatim Tekankan Penguatan Digitalisasi UMKM HIPMI Jatim saat silaturahmi/Foto: Istimewa
Surabaya - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur menekankan pentingnya digitalisasi usaha UMKM agar bisa memenangkan kompetisi di era Revolusi Industri keempat atau era 4.0.

Hal itu disampaikan Ketua HIPMI Jatim Mufti Anam dan jajaran pengurus HIPMI Jatim saat silaturahim bertajuk "Sambung Rasa" dengan calon ketua umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Akbar Himawan Buchari di Surabaya, Selasa (18/6/2019) malam.

"HIPMI Jatim menilai teman-teman pengusaha muda se-Indonesia, yang mayoritas adalah UMKM, ke depan harus terus berbenah dan berjuang mendorong digitalisasi agar bisa compete di tengah persaingan global. Dan itu HIPMI bisa mengorkestrasinya secara nasional lewat advokasi kebijakan," ujar Mufti Anam.

Mufti Anam menjelaskan, digitalisasi yang dimaksud adalah penggunaan instrumen teknologi dalam proses bisnis UMKM dari hulu ke hilir. Misalnya, teknologi tepat guna untuk meningkatkan produktivitas dan pemasaran digital.

"Dengan pendekatan teknologi, akselerasi terhadap bisnis UMKM bisa dilakukan, kapasitas bisnis naik, penyerapan tenaga kerja naik," ujarnya.


"Komitmen pengembangan UMKM seperti itulah yang kami tekankan ke caketum BPP HIPMI ke depan, termasuk ke Saudara Akbar Himawan," imbuh anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 tersebut.

Akbar Himawan sendiri adalah salah satu dari empat Calon Ketua Umum (Caketum) BPP HIPMI. Tiga calon lainnya adalah Mardani H. Maming, Ajib Hamdani, dan Bagas Adhadirga. Mereka bakal berebut kursi ketua umum HIPMI pada Munas 31 Juli mendatang.

"Keempatnya adalah sahabat kami semua. Nanti akan bergiliran sambung rasa dengan HIPMI Jatim untuk memaparkan konsep pengembangan dunia usaha anak-anak muda ke depan. Pekan depan, Bang Mardani Maming yang ke Jatim, lalu pekan berikutnya calon lainnya," ujar Mufti Anam.

"HIPMI Jatim ingin berdiskusi dan menggali lebih dalam konsep para caketum yang akan memimpin organisasi pengusaha muda terbesar di Asia ini," paparnya.

Sementara Caketum BPP HIPMI Akbar Himawan Buchari mengapresiasi diskusi dengan jajaran pengurus HIPMI Jatim.

"Ada banyak hal yang kita diskusikan. Bukan soal menang-kalah jadi ketua umum HIPMI, tapi kita punya pemahaman bersama tentang gerak langkah anak-anak muda ke depan terutama agar pengusaha-pengusaha muda daerah yang mayoritas UMKM bisa terus naik skalanya, bisa terus berkembang dalam naungan HIPMI," ujar Akbar.
(bdh/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed