detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 09:13 WIB

Ternyata Selain Dibunuh dan Dibakar, Harta Wanita Pemilik Tengkorak Dirampas

Enggran Eko Budianto - detikNews
Ternyata Selain Dibunuh dan Dibakar, Harta Wanita Pemilik Tengkorak Dirampas Lokasi ditemukan tengkorak yang terbakar/Foto: Istimewa
Mojokerto - Seorang wanita dibunuh, lalu jasadnya dibakar hingga tersisa tengkorak dan beberapa tulang saja di Mojokerto. Tak hanya itu, pelaku ternyata juga menjarah barang berharga milik korban.

Polisi telah meringkus 3 pria terduga pelaku pembunuhan dan pembakaran seorang wanita di kebun Desa Kesemen, Kecamatan Ngoro, Mojokerto. Mereka berinisial WY, ML dan LM. WY merupakan menantu tiri korban. Sedangkan ML dan LM, teman akrab WY asal Kecamatan Trawas, Mojokerto.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Muhammad Solikhin Fery mengatakan, sebelum membakar jasad korban, WY dan ML diduga lebih dulu merampas barang berharga milik korban. Terdiri dari sepeda motor Honda Scoopy, jam tangan, perhiasan kalung dan cincin, uang Rp 50 ribu, serta ponsel.

"Barang korban ada pada terduga pelaku. Yang pasti jam tangan korban sudah kami temukan. Yang lainnya masih kami telusuri," kata Fery saat dihubungi detikcom, Rabu (19/6/2019).


Menurut Fery, barang-barang milik korban telah dijual pelaku. Pihaknya telah mendapatkan keterangan dari orang yang menjadi perantara penjualan barang-barang rampasan tersebut.

"Perantaranya sudah kami periksa membenarkan pernah menerima barang-barang itu. Nilai kerugian korban belasan juta rupiah," terangnya.

Polisi menduga tengkorak terbakar yang ditemukan pencari rumput di kebun Desa Kesemen, Kecamatan Ngoro, Mojokerto adalah SR (55). Wanita asal Kecamatan Buduran, Sidoarjo itu dilaporkan hilang sejak 1 Mei 2019.

Untuk memastikannya, polisi menggunakan metode tes DNA terhadap tengkorak yang ditemukan. Sampel DNA CH (37), putra kandung SR pun diambil sebagai pembanding.


"Hasil analisa Dokpol Polda Jatim terhadap tengkorak korban, jenis kelaminnya perempuan, usianya di atas 50 tahun," ungkap Fery.

Dia menambahkan, sampai saat ini Puslabfor Jakarta belum merilis hasil tes DNA tengkorak terbakar. "Katanya masih diupayakan. Karena tengkorak sudah terpanggang," tandasnya.

Sebuah tengkorak manusia ditemukan Mukadi di areal perkebunan Desa Kesemen, Kecamatan Ngoro, Minggu (2/6). Saat itu Mukadi sedang mencari rumput di perkebunan milik sebuah perusahaan. Lokasi penemuan tengkorak manusia ini sekitar 4-5 Km dari permukiman penduduk Desa Kesemen.

Saat ditemukan, tengkorak dalam kondisi hangus bekas dibakar menggunakan bekas ban truk. Selain itu, polisi juga menemukan tulang bagian kaki, tulang telapak dan jari kaki, serta beberapa ruas tulang belakang di lokasi yang sama. Korban diduga seorang wanita yang dibunuh, lalu mayatnya dibakar hingga tinggal tulangnya saja.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed