detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 20:07 WIB

Proyek Alun-alun Suroboyo Senilai Rp 80 M Akan Dimulai Lusa

Amir Baihaqi - detikNews
Proyek Alun-alun Suroboyo Senilai Rp 80 M Akan Dimulai Lusa Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Proyek pembangunan Alun-alun Suroboyo senilai Rp 80 miliar akan segera digarap Pemkot Surabaya mulai Kamis (20/6). Meski begitu pembangunan baru akan dimulai pada bagian pile integrity test (PIT) basemen saja.

"Kita pagunya Rp 80 miliar itu terbagi dua tahap Rp 24 miliar untuk tahun ini. 2020 itu 56 miliar. Itu proyek multiyears 2019-2020," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCTR) Chalid Buhari kepada wartawan di Humas Pemkot Surabaya, Selasa (18/6/2019).

Chalid menjelaskan, anggaran Rp 24 miliar pada pembangunan tahap pertama pada tahun ini khusus digunakan untuk pemasangan tiang pancang. Sedangkan untuk target proyek, pihaknya optimis pada 2020 sudah selesai seluruhnya.


"Yang 24 miliar itu untuk pembangunan tiang pancang dan ruang basemen. Nanti targetnya tahun 2020 sudah tuntas proyeknya," terang Chalid.

Untuk pembangunan tes PIT atau tiang pondasi basemen, Chalid menjelaskan pihaknya cukup membutuhkan empat hari saja. Selama tes PIT, pihaknya berencana akan menutup salah satu sisi ruas jalan di Yos Sudarso secara bergantian selama empat hari juga.


"Untuk tes PIT ini, setidaknya berlangsung empat hari untuk masing-masing ruas," ujarnya.

"Kita juga sudah kita antisipasi (masalah penutupan jalan). Memang ada kendala itu tapi delay waktu lah untuk peningkatan yang lebih baik lagi memanfaatkan ruang publik bagi masyarakat yang lebih baik lagi," tandas Chalid.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed