detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 19:11 WIB

Hari Pertama, 20 Ribu Calon Siswa SMP di Surabaya Daftar Sistem Zonasi

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Hari Pertama, 20 Ribu Calon Siswa SMP di Surabaya Daftar Sistem Zonasi Sistem Zonasi Sekolah di Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Surabaya - Sistem zonasi umum Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 untuk SMP di Surabaya langsung menyedot perhatian. Ada 20.937 siswa yang sudah mendaftar online.

"Mulai tengah malam, mulai pukul 00.00 WIB kita sudah memproses pendaftaran. Zonasi umum itu memang luar biasa ditunggu-tunggu. Sejak pukul 00.00 WIB lebih beberapa menit pengunjungnya sudah ribuan dan mereka langsung mendaftarkan semuanya," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya M Ikhsan kepada wartawan di Kantor Dispendik, Jalan Jagir, Selasa (18/6/2019).

Ikhsan memastikan semua yang telah mendaftar secara online di website ppdbjatim.net datanya akan terekam sistem. "Tampilan saat ini adalah masih dalam proses perangkingan. Semua data terekam dan juga bisa dicek direkapitulasi hingga nanti sampai tahap akhir pada tanggal 20 Juni akan keluar hasil akhirnya," imbuh Ikhsan.


Menurutnya, Kantor Dinas Pendidikan sengaja membuka Posko Pengaduan terkait PPDB dengan sistem zonasi. Namun pihaknya tidak menutup kemungkinan jika sekolah-sekolah juga bisa menampung aduan permasalahan PPDB.

"Memang kita buka Pos Pengaduan PPDB di sini (kantor), jadi wajar jika didatangi ribuan Wali murid. Sebenarnya sekolah-sekolah juga menampung Pengaduan soal PPDB 2019," imbuh Ikhsan.

Tahun ini, pendaftaran dibuka 18-20 Juni mendatang. "Kalau tahun ini banyak yang daftar di awal. Kalau tahun lalu pendaftar banyak yang di akhir," tambah Ikhsan.

Kemudian Koordinator TIM IT PPDB dari Institut Teknik Sepuluh November Surabaya (ITS) Yudhi Purnawanto menanggapi soal keluhan wali murid. Ada calon siswa yang namanya tiba-tiba tergeser oleh calon siswa lain yang tinggalnya lebih jauh dari sekolah yang dimaksud.


Menurutnya, siswa yang tergeser tersebut bisa jadi tidak memilih sekolah tersebut sebagai pilihan utama. Karena dalam sistem zonasi umum, calon siswa bisa memilih beberapa sekolah terdekat.

"Bisa jadi yang jarak 1.000 meter itu pilihan pertama dan yang 300 meter itu pilihan kedua. Tapi jangan khawatir besok silakan dicek lagi tidak usah khawatir server kita aman," kata Yudhi.

Jumlah pendaftar yang sudah terdata di web PPDB 2019 mulai pukul 00.00-16.30 WIB mencapai 20.937. Sementara jumlah kuota kursi SMPN di seluruh Kota Surabaya sebanyak 19 ribu. Kemudian dari data Dispendik Surabaya, lulusan SD tahun ajaran 2018/2019 mencapai 46 ribu siswa.
(sun/fat)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed