detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 15:05 WIB

Kapal Tenggelam di Perairan Sumenep, Polisi Periksa Nakhoda

Hilda Meilisa - detikNews
Kapal Tenggelam di Perairan Sumenep, Polisi Periksa Nakhoda Suasana pencarian korban di pinggir pelabuhan Sumenep/Foto: Ahmad Rachman
Surabaya - Nakhoda yang mengemudikan KM Arim Jaya yang tenggelam di Perairan Sumenep antara Pulau Sapudi dan Pulau Giliyang, selamat. Polisi pun memeriksa nakhoda bernama Arim untuk dimintai keterangan.

"Nahkoda sendiri atas nama Arim selamat," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (18/6/2019).

Meski sempat mendapatkan perawatan, Barung menyebut kondisi Arim kini telah membaik. Arim pun sudah bisa dimintai keterangan oleh polisi.


"Sudah diamankan, sudah bisa diambil keterangan," imbuh Barung.

Namun, Barung menyebut saat pihaknya menanyai Arim terkait data pasti penumpang, Arim mengaku tidak mengetahui. Kepada polisi, Arim mengatakan jika tugasnya hanya mengemudikan kapal hingga ke tujuan.

"Dalam keterangan itu nakhoda menyatakan bahwa bukan urusan dia kalau penumpang. Karena menjalankan kapal itu sendiri untuk menuju tujuan," lanjutnya.


Sementara saat ditanya kemungkinan siapa yang akan dijadikan tersangka, Barung enggan berandai-andai. Menurutnya seharusnya memang nakhoda yang bertanggung jawab. Namun, Barung meminta masyarakat untuk bersabar sembari polisi melakukan pemeriksaan.

"Tunggu dulu, kita belum masuk ke sana, kita pikir untuk memfixkan dulu berapa yang meninggal, berapa yang hilang, dan berapa yang selamat. Karena data ini simpang siur sampai dengan sekarang. Memang pelayaran rakyat yang tidak ada manifesnya, hanya bermodalkan saksi dan juga karcis," pungkas Barung.


KM Arim Jaya Tenggalam di Sumenep, 17 Penumpang Ditemukan Tewas:

[Gambas:Video 20detik]


(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed