detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 12:39 WIB

PPDB Zonasi Umum di Surabaya, Banyak Calon Siswa Salah Pilih Sekolah

Amir Baihaqi - detikNews
PPDB Zonasi Umum di Surabaya, Banyak Calon Siswa Salah Pilih Sekolah Proses PPDB jalur zonasi umum di SMPN 1 Surabaya/Foto: Amir Baihaqi
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Surabaya - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMP tahun ajaran 2019-2020 jalur zonasi umum dimulai hari ini. Banyak calon siswa yang salah pilih sekolah terdekat.

Sejumlah SMP di Surabaya akan menggelar PPDB jalur zonasi umum hingga tiga hari ke depan. Pelayanan pendaftaran dimulai pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Detikcom berkesempatan mengunjungi dan memantau PPDB di SMPN 1 Surabaya. Di sekolah tersebut, PPDB tampak sudah ramai sejak pagi.


Ketua panitia PPDB SMPN 1 Kasmuntiah mengatakan, selain membuka PPDB jalur zonasi umum, pihaknya juga memiliki agenda pendaftaran ulang untuk zonasi kawasan.

"Hari ini agendanya daftar ulang untuk zonasi kawasan yang dilakukan sejak tanggal 17 Juni sekaligus dibuka untuk zonasi yang umum," kata Kasmuntiah kepada detikcom, Selasa (18/6/2019).

Menurutnya, sejauh ini PPDB yang diadakan di SMPN 1 relatif lancar. Sedikit kendala hanya dikarenakan para calon siswa atau orang tua salah memilih sekolah. Sekolah yang mereka pilih bukan jarak terdekat dari rumah.

"Ada beberapa kendala seperti mestinya dia harus memilih di SMP 6 tapi keliru di SMP 1. Padahal jarak yang terdekat dari rumahnya itu di SMP 6," papar guru mata pelajaran IPS.


"Karena untuk zonasi umum penentuannya adalah jarak. Kalau jarak itu sama maka cepat-cepatan daftar," imbuh perempuan yang juga wakil kepala SMPN 1 itu.

Untuk itu, lanjut Kasmuntiah, ia menyarankan pihak calon siswa agar lebih jeli lagi melihat pilihan sekolah dan jarak antara rumah dan sekolah. Sebab jika tidak sesuai jarak terdekat maka secara otomatis akan tertolak di sistem komputerisasi sekolah.

"Secara otomatis tertolak di komputer kami dan batal. Untuk itu dilihat lagi jarak zonanya antara rumah dan pilihan sekolah yang ada," pungkas Kasmuntiah.
(sun/bdh)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed