detikNews
Senin 17 Juni 2019, 16:20 WIB

2 Jukir di Alun-alun Kota Malang yang Tarik Tarif Rp 50 Ribu Diamankan

Muhammad Aminudin - detikNews
2 Jukir di Alun-alun Kota Malang yang Tarik Tarif Rp 50 Ribu Diamankan Postingan soal tarif parkir bus di Alun-alun Malang yang viral/Foto: Tangkapan Layar
Malang - Dua oknum juru parkir (jukir) di Alun-alun Kota malang yang viral di media sosial telah diamankan aparat kepolisian. Namun identitas keduanya masih dirahasiakan polisi.

Pemeriksaan kini tengah dilakukan di Mapolsek Klojen. "Sudah kami amankan, kini dalam pemeriksaan di unit reskrim," kata Kapolsek Klojen Kompol Budi Harianto saat dikonfirmasi detikcom, Senin (17/6/2019).

Budi masih enggan menyebut identitas oknum jukir yang diamankan setelah videonya viral di media sosial itu. Dia hanya menyebut terduga pelaku berjumlah dua orang.

"Karena masih pemeriksaan dan belum final, identitasnya belum bisa kami sampaikan. Ada dua orang yang kita amankan dari lokasi," imbuh Budi.

Menurut Budi jika pemeriksaan sudah mengungkap adanya bukti pelanggaran hukum oleh dua orang tersebut, Maka pihaknya bakal segera menyampaikannya kepada publik. "Nanti kalau sudah terbukti dari pemeriksaan, kita akan rilis," tambah Budi.

Menanggapi masalah tarif parkir mahal tersebut, Wali Kota Malang Sutiaji menyesalkan adanya pungutan parkir di luar ketentuan. Menurutnya, penindakan sudah dilakukan oleh dinas terkait.

"Apapun bentuk pungutan di luar ketentuan, maka itu pelanggaran dan sangat disesalkan. Dan serta kami sudah minta dinas terkait (Dishub) untuk segera menindak," kata Sutiaji dikonfirmasi terpisah.


Ia menambahkan, pelaku merupakan juru parkir yang biasa bertugas di lokasi kejadian. Karena itu, sanksi beserta pembinaan langsung dilakukan oleh Dinas Perhubungan selaku pengelola.

"Itu jukir. Dan informasi kami terima, sudah dilakukan pembinaan serta sanksi oleh dinas terkait (Dishub)," imbuh Sutiaji.

Sebelumnya diberitakan, tarif parkir di kawasan Alun-alun Kota Malang viral di media sosial. Banyak warga yang menyesalkan mahalnya tarif parkir di kawasan tersebut. Terutama untuk bus yang mencapai Rp 50 ribu. Padahal di Perda Kota Malang tarifnya hanya Rp 10 ribu.



Tonton video Mungkin Teknologi Parkir Ini Patut Ditiru di Jakarta:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed