detikNews
Senin 17 Juni 2019, 15:48 WIB

Polisi Selidiki Tarif Parkir Bus di Alun-alun Kota Malang yang Viral

Muhammad Aminudin - detikNews
Polisi Selidiki Tarif Parkir Bus di Alun-alun Kota Malang yang Viral Postingan soal tarif parkir di Kota Malang yang viral/Foto: Tangkapan Layar
Malang - Masalah tarif parkir bus Rp 50 ribu di Alun-alun Kota Malang yang viral di media sosial tengah diselidiki polisi. Tak ketinggalan, Pemkot juga akan menanyakan ke pihak terkait.

"Sudah kami lakukan penyelidikan, merespon pengaduan masyarakat yang viral media sosial. Terkait tarif parkir bus disebut seharga Rp 50 ribu di kawasan Alun-Alun Kota Malang," kata Kasubag Humas Polres Malang Kota Ipda Ni Made Marhaeni Seruni saat dikonfirmasi, Senin (17/6/2019).

Menurut Ni Made, tim dari Satreskrim Polres Malang Kota bersama Polsek Klojen telah bergerak mengidentifikasi pelaku. Itu dilakukan setelah videonya viral di media sosial.


"Reskrim dan Polsek Klojen sudah bertindak untuk mengidentifikasi pelaku. Semoga bisa cepat dimintai keterangan terkait perbuatan yang diduga dilakukan," imbuh Ni Made.

Dinas Perhubungan Kota Malang belum memberikan keterangan terkait pungutan parkir bagi bus yang dianggap di luar batas itu. Kabid Parkir Dishub Kota Malang Yayan Heryana saat dikonfirmasi tak memberikan tanggapan.

Dalam Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 3 Tahun 2015 tentang retribusi jasa umum, untuk tarif parkir umum sepeda motor Rp 2 ribu.
Sedangkan untuk mobil sedan, jeep, pikap dan sejenisnya Rp 3 ribu. Kemudian tarif parkir minibus, truk dan sejenisnya Rp 5 ribu. Lalu bus,truk gandeng dan trailer Rp 10 ribu.

Kabag Humas Pemkot Malang Nurwidiyanto mengatakan, retribusi parkir telah ada ketentuannya. Untuk truk besar, trailer dan bus di tepi jalan umum dikenakan biaya Rp 10 ribu.


"Namun kejadian itu (alun-alun), akan kami lakukan kroscek ke pihak terkait. Memang ada tarif retribusi untuk truk besar, truk trailer dan bus besar di tepi jalan umum, dulu Rp 10 ribu, tapi perlu kami konfirmasi lagi kepada pihak terkait (Dishub)," kata Nur terpisah.

Sebelumnya diberitakan, tarif parkir di kawasan Alun-alun Kota Malang viral di media sosial. Banyak warga yang menyesalkan mahalnya tarif parkir di kawasan tersebut.

Kecaman untuk mafia parkir pertama kali disampaikan Wahyu Ari melalui akun Facebook. Sejak 13 jam diunggah, postingan Wahyu telah mendapatkan 1.794 komentar dan sudah 369 kali dibagikan. Ada ribuan warga net like postingan itu.


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed