detikNews
Minggu 16 Juni 2019, 14:43 WIB

Jalan Sehat Hingga Senam Massal Warnai Aksi Tolak Kerusuhan

Sugeng Harianto, Purwo S, Charoline Pebrianti - detikNews
Jalan Sehat Hingga Senam Massal Warnai Aksi Tolak Kerusuhan Jatim bersatu menuju Indonesia damai (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Madiun, Pacitan, Ponorogo - Sekitar seribu warga bersama forkopimda Kabupaten Madiun menggelar aksi menolak kerusuhan. Aksi di alun-alun Caruban itu dipimpin oleh Bupati Madiun H Ahmad Dawami.

"Bersama-sama kita tolak kerusuhan dan kekerasan. Kita ingin ciptakan dan jaga suasana Kabupaten Madiun yang aman dan kondusif," ucap Ahmad Dawami

Penolakan aksi kerusuhan menjelang sidang putusan sengketa hasil pilpres ini kata Kaji mbing sapaan akrab Bupati Madiun, meminta masyarakat menunggu hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Aksi penolakan kerusuhan ini lanjut Bupati Madiun, diharapkan terwujudnya Indonesia yang damai.

"Masyarakat Madiun semuanya, siap untuk mewujudkan Indonesia yang di Jawa Timur khususnya Kabupaten Madiun yang terasa aman. Jawa Timur dan kondisi Indonesia damai," imbuhnya.

Selain Bupati, turut hadir Forkompinda diantaranya Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono, Dandim 0803 Madiun Letnan Kolonel Czi Nur Alam Sucipto, Wakil Bupati Madiun H hari Wuryanto.


Foto: Sugeng Harianto

Sementara itu, sebanyak 3500 warga Ponorogo mengikuti senam massal sekaligus deklarasi tolak kerusuhan yang diselenggarakan oleh Polres Ponorogo. Bertempat di Jalan Suromenggolo, masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan ini digelar bersama dengan Forkopimda sekaligus merayakan HUT ke-73 Bhayangkara.

"Dipilih di sini karena ini lokasi car free day, sekaligus bersama-sama deklarasi anti kerusuhan," tutur Kapolres Ponorogo AKBP Radiant

Forkopimda yang turut hadir adalah Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno, Kajari Ponorogo Hilman Azazi, Kasdim 0802 Ponorogo, Pimpinan Ponpes, serta GP Anshor.

"Temanya tahun ini Jatim Bersatu Menuju Indonesia Damai. Melalui momentum ini mari melupakan segala perbedaan, menjalin kebersamaan Jatim bersatu menuju Indonesia damai," terang Radiant.

Di Pacitan, kegiatan serupa juga digelar lewat jalan sehat. Ribuan orang dari berbagai elemen masyarakat tersebut mengikuti jalan sehat yang digelar polres bersama forkompimda.

Mengenakan kostum kaos putih bertuliskan 'Tolak Kerusuhan' dan 'Jogo Jawa Timur', para peserta menyusuri jalan-jalan utama di tengah Kota 1001 Gua.


Foto: Charoline Pebrianti

"Ini merupakan kegiatan bersama antara kita, pemangku kepentingan di Kabupaten Pacitan, beserta masyarakat. Dengan satu pesan mari kita jaga suasana adem ayem di daerah kita tercinta," ujar kapolres Pacitan AKBP Sugandi.

Sugandi menjelaskan situasi yang kondusif di wilayah hukum yang dipimpinnya merupakan aset yang harus dipertahankan. Terlebih di tengah dinamika sosial yang mudah berubah dewasa ini. Salah satu penyebabnya adalah penyebaran berita bohong alias hoaks.

"Saya berharap aura positif dari Pacitan ini bisa ditularkan ke daerah lain baik di Jawa Timur, syukur ke seluruh wilayah tanah air," tambahnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed