detikNews
Sabtu 15 Juni 2019, 15:11 WIB

Bus Pariwisata Ludes Terbakar Di Tol Madiun, Korban Jiwa Nihil

Sugeng Harianto - detikNews
Bus Pariwisata Ludes Terbakar Di Tol Madiun, Korban Jiwa Nihil Petugas PMK memadamkan bus yang terbakar (Foto: Istimewa)
Madiun - Kebakaran meludeskan sebuah bus pariwisata di ruas tol Madiun. Bus pariwisata PO Purnayasa bernopol DK 9090 HE ludes terbakar di KM 627.400 Desa Saradan. Insiden tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa.

"Iya telah terjadi kebakaran Bus Pariwisata di KM 627.400 A (Tol Madiun-Nganjuk). Kejadian sekitar pukul 13.00 WIB. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," ujar Kasat PJR Polda Jatim AKBP Bambang Sukmo Wibowo saat dihubungi detikcom, Sabtu (15/6/2019).

Bus pariwisata itu kata Bambang hanya berisi sopir dan kondektur yang berhasil menyelamatkan diri sebelum kobaran api muncul. Sopir dan kernet Yang selamat itu adalah Nanang Suharto (40) warga Desa Karangrejo, Kecamatan Kendal, Ngawi serta kernet Muhammad Hamdan (32) warga Desa Waduk Kecamatan Takeran, Magetan.


"Keduanya baik sopir dan kernet dalam keadaan sehat tidak mengalami luka karena sudah tahu keadaan bus saat mengeluarkan asap di belakang bagian mesin,' katanya.

Diungkapkan Bambang, kebakaran tersebut bermula ketika bus bernopol DK 9090 HE melaju dari barat ke timur atau dari arah Madiun ke Nganjuk. Saat tiba di KM 627.400 A tol Madiun-Nganjuk, pengemudi melihat kepulan asap di samping kiri atau lokasi mesin dan langsung menghentikan laju bus.


"Saat tahu ada asap keluar dari bagian mesin pengemudi menghentikan kendaraannya untuk melakukan pengecekan. Tetapi mendadak keluar api yang semakin lama makin membesar hingga membakar seluruh bodi kendaraan tanpa sisa," imbuhnya.

Data yang dihimpun detikcom, bus yang ludes terbakar api dapat di padamkan sekitar pukul 14.00 WIB dengan melibatkan dua unit mobil pemadam kebakaran dari Jasamarga. Bus yang tinggal kerangka itu saat ini telah dibawa ke gerbang tol Caruban.



Tonton juga video Bus Tingkat Terbakar, 20 Orang Tewas Terpanggang:

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed