detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 13:39 WIB

Perketat Keamanan di Jatim,Polisi Pastikan Personel tak Bawa Senjata Tajam

Hilda Meilisa - detikNews
Perketat Keamanan di Jatim,Polisi Pastikan Personel tak Bawa Senjata Tajam Kapolda Jatim memeriksa perlengkapan personel yang berjaga (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Surabaya - Bersamaan dengan sidang gugatan hasil Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK), Polda Jatim melakukan pengetatan pengamanan di beberapa titik. Kendati demikian, Kapolda Jatim memastikan jika polisi yang berjaga tak dibekali senjata tajam.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan pihaknya juga telah menggelar apel kesiapan pengamanan rencana aksi unjuk rasa.

"Kapolda Jatim sudah memastikan bahwa peluru yang dipakai dalam pengamanan ini adalah peluru hampa dan karet serta gas air mata dan tidak ada peluru tajam," kata Barung kepada detikcom di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Jumat (14/6/2019).

Barung menambahkan di media sosial memang ramai tersebar isu jika akan terjadi demonstrasi di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Demo ini disebut mengiringi sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di MK.


Personel yang berjaga tak dibekali peluru tajam, hanya gas air mata dan peluru hampaPersonel yang berjaga tak dibekali peluru tajam, hanya gas air mata dan peluru hampa (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)


Namun hingga siang ini, Barung menyebut rencana demonstrasi tersebut urung dilakukan. Hal ini karena di lokasi masih belum ditemukan tanda-tanda adanya demonstrasi.

Kendati demikian, Barung mengatakan pihaknya akan tetap melakukan berbagai antisipasi. Selain itu, ada beberapa pasukan yang telah bersiaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Langkahnya ya sudah kita lakukan penyiapan pasukan Polri dan TNI sekarang sudah stand by di Grahadi, di Polrestabes dan Polda. Kalau ada apa-apa di Jatim kita akan bergerak. Tapi sampai sekarang yang katanya yang tersebar di medsos mereka akan turun. Tidak ada sama sekali," pungkas Barung.


Kubu 02 Klaim Penggelembungan dan Penggerusan Suara di Pilpres 2019:

[Gambas:Video 20detik]





(hil/iwd)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed