detikNews
Kamis 13 Juni 2019, 18:47 WIB

Ini Alasan Mengapa Gus Nur yang Videonya Hina NU Dilaporkan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Ini Alasan Mengapa Gus Nur yang Videonya Hina NU Dilaporkan Ma'ruf Syah (berjas hitam)/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Sugi Nur Raharja alias Gus Nur dilaporkan oleh Ma'ruf Syah atas vlog Gus Nur yang dianggap menghina NU yang berjudul "Generasi muda NU penjilat". Apa alasan Ma'ruf melaporkan Gus Nur?

"Kenapa kita laporkan, karena video itu seakan-akan membenarkan bahwa generasi NU jelek seperti itu. Kedua ini menjadi pendidikan yang jelek bagi anak-anak generasi muda ketika melihat tampilan di akun itu, seakan-akan menjadi pendidikan kurang baik bagi anak-anak yang kita didik dengan akhlakul karimah. Dengan adanya ceramah itu seakan-akan membenarkan bahwa itu benar," kata Wakil Ketua Dewan Tanfidziyah PWNU Jatim itu kepada wartawan usai persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis(13/6/2019).

Sementara itu, Wakil Ketua Syuriah PWNU Jatim KH M Nuruddin Ar Rahman menyayangkan perkataan Gus Nur dalam video atau vlog tersebut. Menurut Nuruddin, secara moral sebagai dai seharusnya penyampaian lisan Gus Nur harus sopan.

"Saya sebagai orang NU, baik struktural dan kultural, saya hanya mengucap astagfirullah. Kenapa sebagai seorang pendai bisa ngoceh, cara ngomong begitu tidak sopan, begitu menyinggung perasaan umat. Mesti Dai itu memilih cara yang terbaik cara menarik umat. Oleh sebab itu saya mewakili para orang tua ya, kiai-kiai yang di situ (video vlog Gus Nur), masya Allah. Saya hanya mengelus dada. Kenapa harus begitu," ungkap Kiai Nuruddin.


Kiai Nuruddin menegaskan jika dirinya sebagai pengurus MUI Jawa Timur dan juga pengurus NU Jatim menyanyangkan perkatan Gus Nur.

"Saya hanya mengelus dada. Kenapa ada generasi muda yang sekeras ini. Kalau ini dibiarkan bahaya negara ini. Islam bahaya nanti dikatakan islam itu keras. Dikatakan Islam radikal. Sebenarnya kan tidak begitu. Oleh sebab itu saya mau menjadi saksi, agar saudara Sugi itu bisa sadar gitu lho. Ke depan bisa sadar jangan diterus-teruskan dakwah begitu, bahaya itu. Itu mentengkarkan orang," tegas Kiai Nuruddin.

Selain itu Kiai Nuruddin juga mencontohkan jika ada perkataan Gus Nur yang memicu pertengkaran.

"Kalau loe jual, saya beli kita beli. Itu kalau menurut orang Madura ngajek carok, itu bahaya itu. Oleh sebab itu semoga dia sadar," ungkap Kiai Nuruddin.


Saat ditanya, apakah pengurus NU akan menerima ketika Gus Nur sadar dengan ucapannya dan sepakat untuk berdamai? Kiai Nurrudin dan Ma'ruf Syah mempersilakan.

"Ya terserah," kata Kiai Nuruddin.

"Damai kita terima, tapi proses hukum tetap berjalan. Proses hukum tidak mempengaruhi perdamaian ini," timpal Ma'ruf Syah.


FPI: Gus Nur Jadi Tersangka, Palu Langsung Gempa:

[Gambas:Video 20detik]


Ini Alasan Mengapa Gus Nur yang Videonya Hina NU Dilaporkan



(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com