DetikNews
Rabu 12 Juni 2019, 21:31 WIB

Dua Mantan Jurnalis Resmi Terpilih Jadi Komisoner KPU Surabaya

Amir Baihaqi - detikNews
Dua Mantan Jurnalis Resmi Terpilih Jadi Komisoner KPU Surabaya Kesibukan di KPU Surabaya (Foto: Zaenal Effendi)
Surabaya - Dua mantan jurnalis, Subairi dan Soeprayitno, resmi ditetapkan menjadi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya periode 2019 - 2024. Keduanya terpilih berdasarkan Keputusan KPU RI bernomor 1052/PP.06-Kept/05/KPU/VI/2019 tanggal 11 Juni 2019.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam saat dihubungi detikcom membenarkan Subairi dan Soeprayitno terpilih bersama 3 komisioner antara lain Muhammad Kholid, Nafila Astri, Nur Syamsi. 5 komisioner itu dipilih setelah melewati sejumlah proses dan seleksi ketat.

"Proses pemilihan ini kita sudah sesuai dengan aturan. Paling tidak 5 tahapan yang sudah dilakukan mereka yang terpilih baik yang dua orang wartawan maupun kawan-kawan yang lain ini mereka sudah menjadi pilihan terbaik dari yang mendaftar," kata Anam saat dihubungi, Rabu (12/6/2019).

"Jadi karena sudah melalui banyak uji mulai tes kemampuan, tulis semuanya sampai kesehatan yang terbaik yang terpilih ini," tambah Anam.


Dikatakan Anam, secara pribadi dan lembaga sangat mengapresiasi terhadap pencalonan Subairi dan Soeprayitno yang merupakan mantan jurnalis Sindo dan Harian Memo. Sebab menurutnya, dengan maju dan lolosnya mereka akan mampu membuat lembaga KPU semakin positif.

"Kita mengapresiasi kawan-kawan media yang juga mau mengikuti proses ini. Ya harapannya ke depan akan bertambah banyak. Kemarin itu sudah ada beberapa. Ke depan lebih banyak lagi. Karena tentu KPU perlu orang-orang yang mampu melakukan branding lembaga. Dan saya kira kawan-kawan media ini sudah terlatih untuk dengan hal-hal seperti itu," urainya.

Sedangkan untuk pelantikan, tambah Anam, pihaknya akan menggelar pelantikan pada besoknya yang rencananya akan bertempat di hotel JW Marriot. Selain pelantikan, dalam prosesi tersebut nantinya akan dipilih lagi ketua dan kepala divisi yang akan membawahi masing-masing bidangnya.


"Untuk pelantikan kita agendakan besok di JW Marriot itu pukul 13.30 WIB. Terus kita juga minta untuk segera memutuskan siapa ketuanya kemudian siapa penanggungjawab divisi dan sebagainya," ujar Anam.

Menurut Anam, jumlah komisioner yang terpilih pada dasarnya total ada 10 orang. 5 orang akan dilantik pada besok sedangkan 5 lainnya merupakan cadangan yang akan menggantikan sewaktu-waktu jika ada halangan seperti meninggal dunia atau yang mengundurkan diri.

"Jadi yang 10 ini kan hakekatnya sudah terpilih. Hanya yang dilantik ini 5 orang sisanya ini kan menjadi cadangan. Kalau nantinya ada yang berhalangan datang, baik itu yang meninggal atau yang mengundurkan diri atau diberhentikan maka 5 terbawah 6 sampai 10 ini yang akan menggantikan sesuai dengan urutan," tandasnya.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed