DetikNews
Rabu 12 Juni 2019, 18:00 WIB

Bupati Bojonegoro ke Inggris, Rapat Paripurna Diwarnai Walk Out

Ainur Rofiq - detikNews
Bupati Bojonegoro ke Inggris, Rapat Paripurna Diwarnai Walk Out Momen Fraksi Gerindra DPRD Bojonegoro walk out/Foto: Ainur Rofiq
Bojonegoro - Fraksi Gerindra walk out saat rapat paripurna Laporan Pengantar Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan belanja Daerah 2018 di gedung DPRD Bojonegoro. Walk out dipilih karena rapat tersebut tidak dihadiri Bupati Anna Muawanah.

Sebelum Fraksi Gerindra walk out, beberapa anggota DPRD Bojonegoro bergantian mengajukan interupsi. Mereka mempersoalkan rapat paripurna tersebut yang tidak dihadiri Bupati Anna Muawanah.

Perwakilan Fraksi Gerindra Anam Warsito mengungkapkan asalan kenapa dirinya walk out saat sidang paripurna berlangsung. Ia menyesalkan ketidakhadiran bupati dalam rapat tersebut. Ia menganggap Anna tidak menghargai DPRD karena lebih memilih pergi ke Inggris bersama suaminya Ali Duppa serta beberapa pejabat pemkab lainnya.


"Kami menganggap rapat ini cacat hukum. Karena bupati tidak datang di rapat ini malah pergi keluar negeri infonya. Kita juga menyesalkan sikap bupati yang tidak menghargai kelembagaan kita ini padahal ini rapat yang semestinya membahas anggaran bersama sama oleh bupati selaku kepala daerah" kata Anam Warsito kepada detikcom, Rabu (12/7/2019).

Rapat paripurna tersebut hanya dihadiri Wakil Bupati Budi Irawanto. Kemudian terkait aksi walk out Fraksi Gerindra, Fraksi PDIP tidak terlalu ambil pusing. Menurut anggota DPRD Fraksi PDIP Donny Bayu Setiawan, walk out merupakan hak semua anggota.


"Terkait sikap walk out anggota Fraksi Gerindra ini tadi merupakan hak mereka ya. Tetapi yang perlu diketahui dalam rapat paripurna ini meski bupati tidak hadir, tetapi ada wakil bupati sehingga rapat ini sah karena ini hanya rapat paripurna nota pengantar dan bupati sudah menandatangani. Saya kira tidak ada masalah. Tetapi kalau teman Fraksi Gerindra walk out itu hak mereka ya," kata Donny.

Menurut kabar yang beredar, Bupati Bojonegoro ke Inggris dalam perjalanan dinas. Mulai tanggal 11-18 Juni mendatang. Turut mendampingi dalam lawatan tersebut yakni PJ Sekda Yayan Rohman, Kepala Badan Pendapatan Daerah (BPD) Herry Sudjarwo dan Sekpri Bupati Rachmad Sholeh Farokhi. Kunker tersebut menelan anggaran Rp 954 juta yang diambil dari APBD.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed