DetikNews
Rabu 12 Juni 2019, 16:07 WIB

1.200 Personel Polda Jatim Masih BKO di Jakarta

Hilda Meilisa - detikNews
1.200 Personel Polda Jatim Masih BKO di Jakarta Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Sebanyak 1.200 personel jajaran Polda Jatim masih di-BKO-kan ke Jakarta untuk membantu pengamanan di depan kantor Mahkamah Konstitusi (MK). Pengamanan ini menjelang sidang sengketa pilpres di MK.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan 1.200 personel ini disiagakan di Mabes Polri. Barung merinci ada 700 personel Brimob dan 500 personel Sabhara Polda Jatim.

"Personel Polda Jatim yang masih di-BKO-kan di Jakarta sejumlah 1.200 personel. Brimob ada 700 selebihnya Sabhara," kata Barung di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (12/6/2019).


Kendati demikian, Barung menegaskan tak ada warga Jatim yang berangkat ke Jakarta. Barung yakin masyarakat Jatim tidak akan terprovokasi. Untuk itu pihaknya tidak melakukan sweeping.

"Untuk itu Polda Jatim berkeyakinan bahwa masyarakat Jatim tidak akan terprovokasi dan mengikuti ajakan ajakan yang inkonstitusional, melakukan hal-hal yang berhubungan dengan melawan hukum. Itu kami berkeyakinan sekali karena masyarakat Jatim mampu untuk menangkal itu semua, untuk itu kami tak akan melakukan sweeping," imbuhnya.



Di kesempatan yang sama, Barung mengatakan dalam waktu dekat Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan bersama Forkopimda akan menyampaikan imbauan agar masyarakat tak terpengaruh.

"Mengenai apa yang terjadi di wilayah Jatim, Kapolda Jatim menyampaikan kepada masyarakat di Jatim untuk tidak terprovokasi dan terpengaruh adanya hal hal yang dihembuskan sebagai pembentukan opini. Nanti akan disampaikan hari senin Gubernur Pangdam Kapolda akan memberikan keterangan bersama para tokoh masyarakat Jatim," pungkas Barung.
(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed