DetikNews
Rabu 12 Juni 2019, 15:44 WIB

Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jawa, Pengunjung Pantai Diimbau Waspada

Purwoto Sumodiharjo - detikNews
Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jawa, Pengunjung Pantai Diimbau Waspada Pantai Klayar Pacitan/Foto: Purwoto Sumodiharjo
Pacitan - Gelombang tinggi di perairan selatan Jawa membuat pengelola wisata di Pacitan melakukan antisipasi. Mereka mengimbau pengunjung pantai tak bermain air laut. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang bisa merenggut nyawa.

"Sejak pagi memang ombaknya besar. Jadi sekarang ini ya waspada terhadap pengunjung. Sebisa mungkin diingatkan agar tidak bermain di air," kata Winarto, petugas Life Guard Pantai Klayar, Rabu (12/6/2019) siang.

Bagi warga setempat, lanjut pria yang mengabdi sejak 2013 tersebut, tanda akan datangnya gelombang tinggi mudah diketahui. Antara lain permukaan air yang menjorok hingga ke hamparan pasir. Jika fenomena itu terjadi, wisatawan langsung diimbau menjauh.

"Kalau di sana sudah ada ombak besar, wisatawan langsung kita minta bergeser," terangnya sembari menunjuk ujung timur pantai berbatas batu karang.


Pantauan detikcom, sepanjang hari petugas terus menyampaikan peringatan terkait gelombang tinggi kepada wisatawan. Sejak melewati loket masuk, pengunjung langsung diberitahu petugas terkait kondisi perairan. Tidak itu saja, bagi wisatawan yang sudah berada di pinggir pantai peringatan disampaikan melalui pengeras suara.

Sugeng, wisatawan asal Ngawi mengaku senang bisa berlibur ke pantai di ujung barat Pacitan tersebut. Meski tak bisa bermain air, namun pria lajang itu mengaku tak kecewa. Pasalnya, kondisi ombak memang tak bersahabat. Dia cukup puas mengabadikan keindahan panorama alamnya dengan jepretan kamera.

"Selama ini hanya lihat di media sosial. Ternyata memang luar biasa. Sementara ambil foto dari kejauhan aja nggak apa-apa," katanya.

Pusat Data dan Informasi BPBD setempat merilis prakiraan ketinggian gelombang, Rabu (12/6) mencapai 4-5 meter. Adapun kecepatan angin mencapai 10 KM/jam dari arah tenggara.

Merujuk data BMKG, lembaga di bidang kebencanaan itu mengimbau warga waspada. Terutama berkaitan perubahan cuaca secara singkat, kecepatan angin, serta gelombang tinggi di Samudera Indonesia.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed