detikNews
Rabu 29 Mei 2019, 15:15 WIB

Baznas Ponorogo Sebut Kesadaran PNS Pemkab Bayar Zakat Masih Rendah

Charolin Pebrianti - detikNews
Baznas Ponorogo Sebut Kesadaran PNS Pemkab Bayar Zakat Masih Rendah Kantor Baznas Ponorogo/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Perbup Nomor 44 Tahun 2018 tentang pelaksanaan zakat mal atau zakat profesi sudah setahun berjalan di lingkungan Pemkab Ponorogo. Namun ternyata, kesadaran para PNS untuk membayar zakat masih minim.

Seperti data yang dihimpun di Baznas Ponorogo, dari 12 ribu PNS di Bumi Reog, hanya ada 1.800 PNS yang sadar zakat. Data ini jauh dari target penerimaan Baznas, dari target Rp 10 miliar zakat mal PNS pihaknya hanya mampu mengumpulkan Rp 1,2 miliar saja.

"PNS Pemkab Ponorogo melanggar aturan karena kesadaran tentang zakat yang sangat rendah. Dari 12 ribu PNS kita hanya 15 persennya saja yang sudah melaksanakan program zakat ini," tutur Ketua Baznas Ponorogo Luhur Karsanto, Rabu (29/5/2019).


Padahal, lanjut Luhur, seluruh zakat yang dikumpulkan Baznas akan disalurkan ke 9.300 titik penyaluran. Tentu, PNS dinilai melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni. Yakni tentang 2,5% gaji PNS diperuntukkan untuk zakat.

"Ya, para PNS ini melanggar aturan," imbuhnya.

Kemudian Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menyampaikan, pemkab telah memotong 2,5 persen zakat profesi dari PNS pemkab setiap bulannya. Dengan ketentuan nisab penghasilan setara 85 gram dalam setahun atau Rp 38.250.000. Atau per bulan Rp 3.187.580. Gaji mereka wajib dipotong 2,5 persen atau Rp 79.700 per bulan.


"Sudah kita laksanakan, untuk eselon 4,3, dan 2 sudah kita potong setiap bulannya," ujar Ipong.

Saat disinggung minimnya kesadaran PNS membayar zakat mal, Ipong menjelaskan dirinya belum mengetahui secara detil. Sebab, Baznas belum memberikan laporan.

"Bisa juga masalahnya karena gaji yang kena zakat suda habis terpotong utang. Itu tetap wajib zakat, kalau uangnya sudah tidak ada gimana," pungkas dia.



Tonton Blak-blakan Dirut Baznas: Kontroversi Potong Zakat PNS:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com