DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 20:09 WIB

Kejahatan Meningkat Jelang Lebaran, Polisi Banyuwangi Rutin Patroli

Ardian Fanani - detikNews
Kejahatan Meningkat Jelang Lebaran, Polisi Banyuwangi Rutin Patroli Sat Sabhara Polres Banyuwangi berpatroli di toko emas (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Mengantisipasi maraknya kriminalitas menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019, Secara rutin anggota Satuan Samapta Bhayangkara (Sat Sabhara) menggelar patroli di Pasar Blambangan Banyuwangi dan sejumlah pusat perbelanjaan. Dengan bersenjata laras panjang SS1-V2 tipe serbu, puluhan polisi ini mengamankan pedagang dan pembeli perhiasan emas serta pengamanan pusat perbelanjaan.

Meningkatnya transaksi perhiasan ini yang menjadi salah satu perhatian khusus aparat Polres Banyuwangi, Senin (27/5/2019). Masing masing toko didatangi, dan diberi imbauan agar berhati-hati dalam menjalankan bisnis.

Kasat Sabhara Polres Banyuwangi AKP Basori Alwi mengatakan patroli digelar sepanjang pagi, siang, dan malam. Langkah ini sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang hendak melakukan transaksi perhiasan dan di sejumlah pusat perbelanjaan termasuk pasar tradisional.

"Warga tidak takut belanja emas. Kami jamin aman karena aparat selalu siaga menggelar patroli pasar. Apalagi lokasi toko emas di Pasar Blambangan dekat dengan Pos pengamanan lebaran," jelasnya kepada wartawan.


Supaya terhindar dari sasaran pelaku kriminal, warga yang hendak membeli perhiasan emas dan membawa uang dalam jumlah besar agar hati-hati. Disarankan agar dompet disimpan di lokasi aman sehingga tidak menggoda pelaku kejahatan.

"Emas yang dibeli tak usah ditampakkan secara berlebihan. Begitupun dengan uang yang hendak digunakan sebagai alat pembayaran. Keluarkan seperlunya saja," pesannya.

Pemilik usaha toko emas juga diminta waspada dari aksi pencurian dan perampokan. Setiap transaksi agar dipantau secara cermat agar kasus pencurian emas oleh calon pembeli tak terjadi.

Pemilik toko dihimbau untuk memasang CCTV agar saat terjadi aksi tindak pidana mudah dalam melakukan penelusuran. Perlu juga dipasang alarm sehingga ketika terjadi pengutilan emas dapat difungsikan sebagai penanda.


Patroli pengamanan pasar yang dilakukan Sat Sabhara digelar dengan mengendarai sepeda motor dan berjalan kaki. Sambil menenteng senjata laras panjang lengkap dengan helm dan rompi anti peluru, petugas mengawasi tiap transaksi di toko emas yang berderet di sepanjang pasar tradisional kebanggaan warga Bumi Blambangan.

Selain pasar, anggota Sabhara juga melakukan patroli secara berkala ke sejumlah objek vital seperti gardu induk PLN, Depo Pertamina, sarana tempat ibadah dan sejumlah perbankan.

"Semua kami lakukan patroli agar masyarakat benar-benar merasa aman dan nyaman selama melaksanakan ibadah di bulan suci hingga nanti menyambut kemenangan di hari raya lebaran," tandasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed