DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 15:15 WIB

Masa Angkutan Lebaran, Ini Jumlah Tambahan Bus dan KA dari Blitar

Erliana Riady - detikNews
Masa Angkutan Lebaran, Ini Jumlah Tambahan Bus dan KA dari Blitar Armada bus di Terminal Blitar (Foto: Erliana Riady)
Blitar - Memasuki masa angkutan lebaran, Terminal Type A Patria Kota Blitar menambah jumlah armada. Dari sekitar 60 persen penambahan jumlah armada, bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) lebih mendominasi.

Kepala Terminal Type A Patria Kota Blitar Verie Sugiharto mengatakan jumlah bus AKAP ditambah karena peningkatan volume penumpang akan terjadi pada arus balik.

"Tradisi di Blitar itu ramainya justru pada saat arus balik. Penumpang dari Blitar perjalanan jarak jauh. Makanya bus AKAP justru yang ditambah lebih banyak," kata Verie dikonfirmasi detikcom, Senin (27/5/2019).

Angka 160 bus reguler itu terdiri dari 100 bus AKAP dan 60 bus AKDP. Dengan kenaikan jumlah armada, Verie memprediksi jumlah bus menjadi 270. Dan dari jumlah itu sebagian besar merupakan bus AKAP jurusan Jakarta, Sumatra, Bali, dan Lombok.


KA Brantas, KA tambahan selama angkutan lebaranKA Brantas, KA tambahan selama angkutan lebaran (Foto: Erliana Riady)


"Bagi para pemudik, kami pastikan bus selalu tersedia setiap jamnya. Baik AKAP maupun AKDP," imbuhnya.

Sementara, dari Stasiun Blitar penambahan kereta api jarak jauh juga dilakukan Daop 7 Madiun. Kereta api tambahan Brantas dipersiapkan berangkat dari Stasiun Blitar tujuan Pasar Senin ini mulai tanggal 25 Mei sampai 17 Juni .

Kepala Stasiun Blitar, Yanna Hadiyana menyatakan, KA Brantas ini terdiri dari tiga gerbong kelas bisnis dan tujuh gerbong kelas ekonomi.

"Untuk kelas bisnis masing-masing gerbong berisi 64 tempat duduk. Sedangkan untuk kelas ekonomi, masing-masing gerbong kapasitasnya sebanyak 106 tempat duduk," pungkasnya.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed