DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 14:19 WIB

Kejari Surabaya Somasi Penghuni THR Agar Kosongkan Gedung

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kejari Surabaya Somasi Penghuni THR Agar Kosongkan Gedung Proses mediasi Kejari Surabaya dengan penghuni THR/Foto: Deni Prastyo Utomo
Surabaya - Bersama Pemkot Surabaya, Kejari Surabaya melakukan mediasi dengan seratus lebih warga di Taman Hiburan Rakyat (THR) Jalan Kusuma Bangsa. Tak hanya mediasi, kejari dan pemkot juga memberikan somasi.

Kejari diberi kuasa oleh Pemkot Surabaya untuk menyelesaikan permasalahan THR, sebagai aset negara yang dihuni warga. Berdasarkan outreach Kejari, ada 108 Kartu Keluraga yang menghuni kawasan THR yang terdiri dari pedagang dan seniman.

"Setelah kami data 108 kepala keluarga yang menetap di sini (THR)," kata Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejari Surabaya Arjuna Meghanada selaku pengacara negara saat sosialisi di Gedung Srimulat, Senin (27/5/2019).


Arjuna menjelaskan, sesuai dengan tata ruang THR, kawasan tersebut diperuntukkan sebagai area perdagangan dan kesenian. Bukan untuk permukiman.

"Kami ingin mengembalikan ke fungsi sebenarnya sebagai kawasan kesenian, fungsinya jelas bukan untuk permukiman atau hunian," imbuh Arjuna.


Mediasi tersebut juga dihadiri Dinas Pariwisata Kota Surabaya, Camat Tambaksari. Dalam mediasi tersebut, Kejari juga mengeluarkan surat somasi yang diberikan secara langsung pada peserta mediasi.

Berikut isi somasi dari Kejari untuk penghuni THR:

Berdasarkan surat kuasa Wali Kota Surabaya Nomor 800/2782/436.7.19/2019 18 Maret 2019 kepada Kepala Kejaksaan Negeri Surabaya selaku Jaksa Pengacara Negara, sehubungan dengan kegiatan pengamanan tanah aset Pemerintah Kota Surabaya di kawasan Taman Hiburan Rakyat (THR), bersama ini kami minta saudara secara sukarela mengosongkan tanah dan bangunan aset Pemerintah Kota Surabaya yang berada di Taman Hiburan Rakyat (T HR) jalan Kusuma Bangsa 116-118 Surabaya. Meliputi Gedung Srimulat, Gedung Ketoprak,Gedung wayang orang (Pringgodani), Gedung Ludruk dan stan usaha dalam waktu 14 hari kalender sampai dengan Senin 10 Juni 2019.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed