DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 12:40 WIB

Mudik Lewat Situbondo, Waspadai Luberan Parkir di Tepi Jalan

Ghazali Dasuqi - detikNews
Mudik Lewat Situbondo, Waspadai Luberan Parkir di Tepi Jalan Waspada Potensi Kemacetan di Pusat Perbelanjaan Situbondo/Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Menjelang arus mudik lebaran, kepadatan jalan raya di pusat-pusat perbelanjaan Situbondo dipastikan bertambah. Bukan saja karena meningkatnya volume kendaraan yang melintas. Tetapi karena tingkat kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan jelang lebaran yang ikut menanjak.

Ironisnya, kebanyakan pusat perbelanjaan di Situbondo tidak memiliki lahan parkir memadai. Sehingga banyak kendaraan pengunjung yang meluber dan parkir di tepian jalan raya. Padahal, sebagian jalan itu merupakan jalan raya yang biasa dilintasi pemudik. Baik dari arah Surabaya maupun arah Banyuwangi.

"Sementara ini kita masih melakukan langkah persuasif kepada masyarakat dan pengelola, agar parkir tidak melanggar dan tidak sampai mengganggu pengguna jalan raya. Karena sudah mendekati arus mudik," kata KBO Satlantas Polres Situbondo, Iptu Supoyo kepada detikcom, Senin (27/5/2019).

Pengamatan detikcom menyebutkan, selama arus mudik mendatang ada beberapa titik berpotensi rawan macet di pusat perbelanjaan di Situbondo. Di antaranya di Jalan A Yani, Jalan Pemuda, serta di Jalan Diponegoro, yang seluruhnya masuk Kota Situbondo. Di jalan-jalan tersebut terdapat sejumlah pusat perbelanjaan yang selalu ramai jelang lebaran.


Namun, hingga kini kebanyakan masih menggunakan tepi jalan raya sebagai lokasi parkir kendaraan pengunjung. Padahal, jalan-jalan itu merupakan perlintasan arus mudik arah Surabaya maupun arah Banyuwangi. Meski sudah satu arah, namun bukan tak mungkin arus lalin di kawasan itu terjadi kemacetan. Sebab, selain banyaknya kendaraan parkir di tepi jalan, juga banyak pengunjung seliweran menyeberang jalan.

"Seiring meningkatnya volume kendaraan saat arus mudik nanti, kita akan melakukan giat Gaktib Lalin di kawasan itu. Termasuk dengan menempatkan personel melakukan penjagaan di titik-titik rawan tadi," papar Supoyo.

Luberan parkir kendaraan --khususnya roda empat-- akan dibuat memanjang di sepanjang tepi jalan. Sehingga tetap akan memberikan ruang yang cukup bagi pengguna jalan yang akan melintas. Meskipun konsekuensinya parkir kendaraan pengunjung cukup berjauhan dengan pusat perbelanjaan.

Sekadar diketahui, Jalan A Yani Situbondo selama ini dilintasi kendaraan satu arah menuju ke arah timur atau Banyuwangi. Sementara jalan Pemuda dan Jalan Diponegoro satu arah menuju ke arah barat atau Surabaya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed