detikNews
Senin 27 Mei 2019, 11:20 WIB

Ini Dugaan Penyebab Amblasnya Jalan Ponorogo-Pacitan

Charolin Pebrianti - detikNews
Ini Dugaan Penyebab Amblasnya Jalan Ponorogo-Pacitan Kadis Bina Marga Provinsi Jatim Gatot Sulistyoadi/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Jalan nasional Ponorogo-Pacitan di KM 227, Desa Wates, Kecamatan Slahung, amblas beberapa pekan lalu. Jalan tersebut ambles sepanjang 200 meter dengan kedalaman 50 cm hingga 1 meter.

Meski sudah rampung diperbaiki, Dinas Bina Marga Provinsi Jatim tetap menyelidiki penyebab retaknya jalan tersebut. Satu-satunya penghubung antara Ponorogo dan Pacitan.

"Kami masih belum memastikan keretakan itu karena faktor tambang. Sebab lokasinya kan jauh. Tapi dugaan kami karena adanya air makanya tanahnya retak-retak," tutur Kadis Bina Marga Provinsi Jatim Gatot Sulistyoadi kepada detikcom, Senin (27/5/2019).


Gatot menjelaskan, pihaknya memang sengaja mengebut perbaikan jalan karena mendekati Lebaran. Banyak pemudik yang melintas di jalur tersebut.

"H-10 sesuai arahan dari KemenPU untuk jalur Mudik harus siap," imbuhnya.

Saat ini kondisi jalan di titik itu semi permanen. Seperti yang tampak, banyak bronjong-bronjong di sisi jalan di bagian bawah tebing.


"Ke depan kita bakal bentuk permanen, karena kemarin tanggap darurat makanya semi permanen dulu," tambahnya.

Menurutnya, untuk Provinsi Jatim yang perlu diwaspadai para pemudik yakni di Jalur Bromo dan Jalur Pacitan. Pasalnya, kedua lokasi ini memang rawan pergeseran tanah akibat faktor alam.

"Secara keseluruhan, kami sudah cek semua jalur. Terakhir ya di Slahung ini, sudah siap semua bisa dilalui pemudik," pungkasnya.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com