detikNews
Senin 27 Mei 2019, 04:15 WIB

Dua Pembuat Petasan di Lumajang Diringkus, 309 Mercon Disita

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Dua Pembuat Petasan di Lumajang Diringkus, 309 Mercon Disita Foto: Istimewa
Lumajang - Dua pembuat petasan di Lumajang diringkus. Mereka diamankan saat sedang meracik petasan yang mereka perjual-belikan.

Kedua tersangka adalah Imam Rudianto (23) dan Mohammad Wahid (25). KEduanya warga Dusun Curang Lengkong, Desa Curahpetung, Kecamatan Kedungjajang, Lumajang

"Di rumah pelaku kami menemukan banyak sekali petasan buatan rumahan beserta bahan bakunya. Bahkan ada ukuran besar, yang daya ledaknya besar," ujar Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban, Senin (27/5/2019).


Dari rumah pelaku polisi mengamankan 309 petasan berbagai ukuran dan 22 bungkus bahan baku pembuatan petasan seperti sumbu dan mesiu (bubuk petasan).

Penangkapan kedua pelaku berawal dari informasi masyarakat yang menyebutkan ada rumah yang digunakan untuk membuat petasan. Polisi langsung melakukan penggerebekan dan akhirnya bisa mengungkap kasus tersebut.


"Penangkapan dua pelaku ini berawal dari informasi dari masyarakat, sehingga kami bisa meringkus dua pelaku beserta barang bukti pembuatan petasan," kata Arsal.

Saat ini kedua tersangka dan barang bukti diamankan di Polres Lumajang untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut. Kedua pelaku dijerat dengan pasal 1 ayat (1) UU Darurat RI No. 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman minimal 12 tahun penjara dan maksimal seumur hidup.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com