detikNews
Senin 27 Mei 2019, 01:23 WIB

Ditinggal Keluar Kota, Rumah Warga Tulungagung Dibobol Maling

Adhar Muttaqin - detikNews
Ditinggal Keluar Kota, Rumah Warga Tulungagung Dibobol Maling Lokasi kejadian (Foto: Adhar Muttaqin)
Tulungagung - Waspadalah saat meninggalkan rumah dalam kondisi kosong. Sebuah rumah warga Tulungagung dibobol kawanan pencuri saat ditinggal ke luar kota. Akibatnya sejumlah barang berharga hilang.

Kapolsek Kota Tulungagung AKP Rudi Purwanto mengatakan kejadian pencurian dengan pemberatan tersebut terjadi di rumah milik Hendrik Cahyono, Perum Griya Permata Asri Blok D, Kecamatan/Kabupaten Tulungagung.

"Kejadian diketahui sekitar pukul 20.00 WIB, kondisi pintu dicongkel dan barang-barang di dalam rumah diacak-acak. Yang hilang TV 43 inchi dan perhiasan emas 10 gram," kata Kapolsek Kota Tulungagung, AKP Rudi Purwanto, Minggu (26/5/2019).


Peristiwa tersebut berawal saat korban Hendrik pergi ke rumah orang tuanya di Trenggalek pada Minggu pagi, selanjutnya ia kembali pulang pada Minggu malam, saat hendak masuk ke rumah ia mendapati pintu rumahnya dalam kondisi terbuka dan terdapat bekas congkelan.

Merasa curiga, akhirnya Hendrik melakukan pemeriksaan di dalam rumah, di ruang tamu sebuah TV LED miliknya hilang, sedangkan di dalam kamar perhiasan seberat 10 gram hilang serta kondisi barang acak-acakan.

"Atas kejadian itu, korban melapor ke polisi dan langsung kami tindak lanjuti dengan melakukan olah TKP dan penyelidikan," ujarnya.

Rudi menjelaskan, dari hasil penyelidikan sementara, pelaku pencurian tersebut diduga menggunakan minibus jenis Avanza. Hal ini sesuai dengan keterangan salah satu saksi yang sempat melihat mobil tersebut berhenti di depan rumah korban.


"Saat itu saksi tidak menyangka kalau orang-orang yang mengendarai mobil tersebut melakukan aksi pencurian. Dia juga tidak kenal dengan mobil itu," ujarnya.

Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian Rp 10 juta. Saat ini polisi masih melakukan serangkaian penyelidikan untuk mengungkap pelaku pencurian tersebut.

"Kami masih memburu pelaku, semoga bisa terungkap. Nah kami juga mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap hal-hal semacam ini, usahakan pamitan atau nitip ke tetangga kalau rumah sedang kosong, sehingga kalau ada hal mencurigakan bisa diketahui," jelasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com