DetikNews
Minggu 26 Mei 2019, 18:57 WIB

Serunya 200 Penari Jathil Berbagi Takjil di Ponorogo

Charoline Pebrianti - detikNews
Serunya 200 Penari Jathil Berbagi Takjil di Ponorogo Penari jathil berbagi takjil (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo - Sebanyak 200 penari jathil dan bujang ganong berkumpul di Jalan Soekarno-Hatta, Ponorogo. Mereka berbagi takjil kepada masyarakat dan pemudik.

Acara ini sudah digelar kali keempat, tiga tahun sebelumnya mereka menggelar di Alun-Alun Ponorogo. Namun tahun ini berbeda, mereka sengaja memilih Jalan Soekarno-Hatta karena ingin berbagi takjil kepada para pemudik yang tengah melintas di bumi reog.

"Tiap tahun memang rutin digelar, tujuannya supaya penari bujang ganong dan jathil Ponorogo kompak dan cinta damai biar bisa reog-kan terus," tutur ketua penyelenggara sekaligus ketua bujang ganong Yosika (24) saat ditemui detikcom di lokasi, Minggu (26/5/2019).


Pantauan detikcom, ratusan penari jathil dan bujang ganong ini terlihat kompak menari dalam irama khas seni reog. Bahkan juga nampak penari bujang ganong balita ikut serta memeriahkan acara.

Mereka terlihat asik bergemulai dengan lantunan irama. Para penari ini ingin menonjolkan pesan cinta damai NKRI harga mati. Seperti yang tampak di spanduk yang sengaja dibawa.

Sementara itu, wakil ketua penyelenggara sekaligus ketua jathil se-Ponorogo Eliana Mega Wati berharap dengan adanya acara ini bisa memberikan tontonan kepada masyarakat.


"Sekaligus supaya penari jathil dan bujang ganong bisa lestari. Salam seni budaya, sukses," jelas dia.

Sementara itu, salah satu pecinta seni reog sekaligus polisi Dul Hazis menambahkan kegiatan seperti ini bisa menjaga kekompakan dan memberikan contoh kepada semua warga.

"Kalau kompak itu bisa bikin hidup kita damai," tandasnya.

Usai membagikan takjil, mereka pun berkumpul untuk berbuka bersama di pendopo salah satu partai.



Simak Juga 'Ngabuburit Sambil Main Bontosan Ala Anak Ponorogo':

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed