detikNews
Minggu 26 Mei 2019, 11:59 WIB

Nikmatnya Nasi Besek Bondowoso, Cocok Disantap Saat Lebaran

Chuk S Widarsha - detikNews
Nikmatnya Nasi Besek Bondowoso, Cocok Disantap Saat Lebaran Nasi besek asal Bondowoso (Foto: Chuk S Widarsha)
Bondowoso - Lebaran telah menjelang. Sajian menu serba daging, baik berbahan daging sapi maupun ayam pasti berlimpah di rumah. Mulai dimasak opor, kare, krengsengan, serta olahan lainnya.

Sajian-sajian tersebut memang menggugah selera, lantaran enak dan lezat. Hanya saja jika disajikan secara terus-menerus, menu itu terkadang memang menjemukan.

Jika bosan dengan menu-menu serba daging dan kebetulan mampir di Bondowoso, cobalah cicipi Nasi Besek. Dijamin selera makan tetap terjaga, serta maknyus dan menggoyang lidah.

Menu Nasi Besek sebenarnya cukup sederhana. Yakni nasi putih yang sudah matang dicampur beberapa tambahan lauk, dibungkus menggunakan daun pisang lalu dibakar. Setelah matang dimasukan ke dalam besek lantas ditutup rapat.


nasi besekFoto: Chuk S Widarsha

Besek adalah wadah terbuat dari anyaman bambu berbentuk kubus. Di Bondowoso biasanya digunakan sebagai wadah tape. Hal itu karena kebutuhan bambu di Kota Tape ini memang cukup berlimpah.

Sebagai lauk campuran nasi, yakni suwiran ikan laut jenis cakalang yang telah diolah, kemangi, cabai, bawang goreng, serta daun singkong atau lainnya sebagai sayuran.

Sementara besek digunakan untuk wadah karena memiliki pori-pori cukup lebar. Sehingga membuat nasi dapat bertahan lebih lama, selain karena telah ditanak terlebih dulu kemudian dibakar.

"Nasi besek ini dapat bertahan 3 hingga 4 hari. Sehingga cocok jika dijadikan bekal untuk bepergian. Sebagai menu makan di rumah juga enak," tutur R. Jannatin (46), pemilik restoran ODL yang menyediakan menu Nasi Besek kepada detikcom, Minggu (26/5/2019).

Tak hanya itu, imbuh pemilik restoran berlokasi di Jalan Santawi, Tamansari, pada bulan puasa seperti saat ini, Nasi Besek bahkan bisa dijadikan santapan saat berbuka puasa maupun untuk makan sahur.


"Untuk sahur, jika suka hangat, tinggal mengeluarkan dari beseknya, lalu dimasukkan ke oven atau rice cooker sebentar, tinggal santap," ujar R. Jannatin.

Dia mengujarkan, resep tersebut sedenarnya hasil diversifikasi menu lama. Yakni nasi gulung yang berisi lauk pauk. Jika dulu terkesan sederhana, sekarang diberi tambahan variasi sesuai selera kekinian.

"Kan zaman dulu orang suka bikin nasi gulung biar tahan lama. Sekarang, nasi yang sudah dimasak dimasukkan ke dalam besek. Biar bisa tahan lebih lama," terang perempuan berhijab ini.

Pada hari Lebaran yang identik dengan banyaknya menu serba daging di rumah, orang biasanya bosan dengan masakan tersebut. Nasi besek bisa dijadikan menu alternatif, namun tetap menggugah selera.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed