DetikNews
Sabtu 25 Mei 2019, 19:27 WIB

Ucapan Selamat untuk Jokowi Hingga Kecam Rusuh 22 Mei Mengalir dari Gresik

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Ucapan Selamat untuk Jokowi Hingga Kecam Rusuh 22 Mei Mengalir dari Gresik Foto: Istimewa
Gresik - Tahapan rekapitulasi nasional pemilihan umum 2019 telah berakhir dengan penetapan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang. Ucapan selamat mengalir dari Gresik.

Tokoh Agama Gresik KH. Robbach Ma'sum bersama pengurus RMI PCNU Gresik mengucapkan selamat untuk kemenangan Jokowi. Robbach mendoakan keduanya amanah dalam memimpin Indonesia.

"Saya sebagai pribadi bersama pengurus RMI PCNU Gresik Gresik dengan ini menyampaikan selamat kepada Bapak Joko Widodo dan KH. Ma'aruf Amin atas kemenangan pasangan ini dalam pemilihan presiden yang baru lalu," kata Robbach, Sabtu (25/5/2019)

Dalam hasil penetapan KPU, Jokowi-Ma'ruf Amin meraih 55,50 persen suara dari total suara sah nasional sementara lawannya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 44,50 persen suara. Robbach mendoakan kemenangan Jokowi ini bisa membawa dampak positif bagi Indonesia yang lebih maju.

"Pemilu sudah selesai, sebanyak 80 persen rakyat Indonesia telah menggunakan hak pilihnya, memutuskan pilihannya dalam membangun demokrasi sesuai nilai-nilai Pancasila sepantasnya kita menghormati pilihan dan keputusan rakyat Indonesia," ujar mantan Bupati Gresik ini.


Robbach mengajak masyarakat kembali bersatu dan melebur perbedaan pilihan karena Pilpres. Robbach optimistis kepemimpinan Jokowi bisa membawa Indonesia mampu bersaing di tingkat global. Jangan sampai perbedaan malah memecah belah persatuan bangsa ini.

"Kita harus mengedepankan kepentingan dan kemajuan bangsa di atas segala-galanya, agar di bawah kepemimpinan Bapak Jokowi, bangsa dan negara ini terus bergerak maju dengan dinamis dalam memasuki persaingan global," ujarnya.

Sementara itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik mengecam kerusuhan yang terjadi saat aksi 22 Mei di Jakarta dan beberapa daerah lain di Indonesia. MUI menilai tindakan perusuh tgl 22 mei di Jakarta adalah inskonstitusial yang menentang pemerintah RI dan dilarang oleh agama.

Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq kegiatan perusuh tersebut menimbulkan keprihatinan di kalangan ulama Gresik. KH Mansoer berharap polisi segera menangani agar tidak menjalar ke tempat lain dan mengganggu kekhusyukan ibadah di bulan Ramadhan.

KH Mansoer mengatakan masyarakat harus menghormati hasil penghitungan atau rekapitulasi dari KPU RI karena seluruh tahapan sudah dilakukan sesuai peraturan yang berlaku yakni berdasarkan undang-undang.


Dirinya juga mengugkapkan bahwa MUI Gresik akan mendukung aparat TNI-Polri dalam melakukan pengaman saat aksi di Jakarta serta di beberapa daerah lain di Indonesia dan mengucapkan apresiasi setinggi tingginya,.

MUI mengimbau agar masyarakat Indonesia utamanya di Gresik untuk tidak mudah percaya berita hoax, dan tidak terpegaruh jika ada ajakan untuk ikut sebuah aksi yang tujuannya tidak jelas.

"Mari bertabbayun dalam menerima informasi jangan mudah terpancing dan terprovokasi, di bulan yang suci ini mari tingkatkan ibadah semoga Allah senantiasa melindungi kita semua" ujar KH Mansoer.



Tonton juga video Ucapan Selamat Habibie untuk Jokowi:

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed