DetikNews
Sabtu 25 Mei 2019, 16:47 WIB

BPBD Banyuwangi Imbau Pemudik Waspadai Jalur Rawan Bencana

Ardian Fanani - detikNews
BPBD Banyuwangi Imbau Pemudik Waspadai Jalur Rawan Bencana Bencana banjir bandang di Banyuwangi beberapa waktu lalu (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Jawa Timur, mengimbau kepada para pemudik yang melewati atau menuju jalur Banyuwangi, untuk mewaspadai titik rawan bencana. Ada sekitar 9 titik di jalur mudik Banyuwangi rawan bencana tanah longsor dan banjir.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Banyuwangi Eka Muharram mengatakan untuk jalur rawan banjir yang harus diwaspadai masyarakat yang hendak mudik tahun 2019 ini tersebar di wilayah Kecamatan Wongsorejo, Kalipuro, Banyuwangi kota, Muncar, Pesanggaran dan Kecamatan Rogojampi.

Sedangkan untuk jalur rawan longsor berada di Kecamatan Glenmore, Kalibaru dan Kecamatan Licin.


Kata Eka, untuk di wilayah Kalibaru daerah yang rawan longsor berada di kawasan Gunung Gumitir perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Jember. Sedangkan di wilayah Kecamatan Gelnmore sepanjang jalan raya jember rawan longsor, karena daerah tersebut dikelilingi perbukitan yang cukup terjal. Untuk di kecamatan Licin, berada di kawasan taman wisata Gunung Ijen.

"Yang potensinya tinggi terutama di Kecamatan Kalibaru pada jalur nasional menuju ke Jember. kemudian pada jalur Provinsi yang memasuki wilayah Kecamatan Pesanggaran. Kemudian yang jalur Kabupaten itu yang memasuki kawasan Ijen, kawasan Glenmore, kemudian Songgon," kata Eka Muharram kepada wartawan, Sabtu (25/5/2019).

Eka Muharram menambahkan, meski saat ini wilayah Banyuwangi sudah masuk musim kemarau, namun potensi hujan dengan intensitas lebat masih bisa terjadi. Sebab sebagian wilayah di Banyuwangi saat ini masih masuk musim pancaroba dari musim penghujan ke musim kemarau.


"Berdasarkan prakiraan dari BMKG Banyuwangi cuaca masih bisa berubah sewaktu- waktu," tambahnya.

Eka mengatakan pada musim arus mudik dan Balik Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 ini, BPBD Banyuwangi akan menyiagakan petugas di beberapa pos rawan bencana dan daerah wisata. Penempatan petugas ini akan dilakukan mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. Selain itu, BPBD Banyuwangi juga akan memasang spanduk peringatan di beberapa titik diseluruh jalur rawan bencana.


Tonton video Waspada! Ada Titik Rawan Erupsi di Jalur Mudik Anda:

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed