detikNews
Sabtu 25 Mei 2019, 10:53 WIB

Waspadai Titik Rawan di Jalur Mudik Sidoarjo

Suparno - detikNews
Waspadai Titik Rawan di Jalur Mudik Sidoarjo Jalan Raya Porong yang bergelombang (Foto: Suparno)
Sidoarjo - Jalanan di Sidoarjo merupakan salah satu rute mudik lebaran. Yuk, kita intip apa yang harus diwaspadai bila melintas di wilayah Sidoarjo selama mudik lebaran.

Salah satunya adalah mengetahui titik rawan macet di sepanjang jalur mudik, dan rawan kecelakaan, serta jalan yang kondisinya kurang bagus. Rawan macet dari sisi jalan, karena tidak kuat menahan kapasitas kendaraan serta budaya pengendara yang kurang disiplin.

"Titik-titik kemacetan terutama di perempatan Gedangan, bundaran Cito. Serta wilayah Medaeng hingga pertigaan Kletek," kata Kompol Fahrian Saleh Siregar Kasat Lantas Polresta Sidoarjo saat dihubungi detikcom, Sabtu (25/5/2019).


Fahrian mengatakan hal yang harus diwaspadai adalah masih adanya jalan bergelombang dan penerangan jalan yang minim.

"Di sisi budaya berlalu lintas masyarakat kita yang di area black spot juga masih banyak yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas yang benar. Seperti melawan arus, tidak menggunakan helm, serta sudah mengetahui jalan bergelombang tetap memacu kendaraanya dengan cepat," tambah Fahrian.

Upaya yang dilakukan polisi di antaranya melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang terkait jalur-jalur yang menjadi rawan kecelakaan dan kemacetan. Di antaranya menambal jalan berlubang, perbaikan marka yang sudah buram, dan melakukan edukasi berupa papan imbauan di jalur tersebut.


"Selain itu menempatkan personel di jam-jam rawan macet dan rawan laka. Serta penindakan yang konsisten terhadap pelanggaran-pelanggaran yang bisa menyebabkan korban laka dengan fatalitas tinggi," terang Fahrian.

Lebih lanjut Fahrian mengharapkan bagi para pemudik yang melewati Jalan Raya Porong lama dari arah Surabaya ke Malang dan arah sebaliknya. Hendaknya berhati-hati, karena jalannya banyak yang bergelombang dan kurangi kecepatan.

"Khususnya pemudik yang akan melewati Jalan Raya Porong lama. Alangkah baik untuk mengurangi kecepatan, demi keselamatan pemudik agar selamat sampai tujuan," jelasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com