detikNews
Sabtu 25 Mei 2019, 03:42 WIB

Dear Pemudik, Ini Titik Rawan Macet dan Kecelakaan di Situbondo

Ghazali Dasuqi - detikNews
Dear Pemudik, Ini Titik Rawan Macet dan Kecelakaan di Situbondo Jalur maut di Situbondo/Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Ada beberapa titik rawan kecelakaan di sepanjang jalur pantura Situbondo yang akan digunakan Mudik Lebaran. Seperti di Jalan Argopuro, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji.

"Untuk titik black spot tahun ini ada di jalan Argopuro Situbondo. Pengendara harap lebih berhati-hati saat melintas di jalan raya kawasan itu," kata Kasatlantas Polres Situbondo, AKP Hendrix K Wardhana kepada detikcom, Sabtu (25/5/2019).

Seperti keterangan yang dihimpun detikcom, ada satu titik rawan kecelakaan yang harus diwaspadai pengendara di Jalan Argopuro. Yakni di KM 195,900 arah Surabaya. Jalan yang merupakan trek lurus membuat pengendara tergoda untuk memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Sehingga rawan terjadi kecelakaan.


Kemudian di kawasan tersebut juga tidak ada tempat penyeberangan jalan atau zebra cross. Bahkan, badan jalan itu juga sering dijadikan tempat parkir oleh oknum pengemudi truk. Mereka mengabaikan rambu larangan parkir yang sudah ada.

"Makanya, kami akan segera membuat rambu batasan kecepatan kendaraan di kawasan itu. Kami juga akan meminta Dinas Perhubungan untuk membuat zebra cross. Di samping itu kami juga akan menggiatkan penegakan hukum, terutama truk yang parkir di tempat larangan," imbuh Hendrix.


Selain titik rawan kecelakaan, pemudik juga diimbau untuk mewaspadai titik rawan kemacetan di sepanjang Pantura Situbondo. Khususnya di jalan raya KM 236 hingga 237 arah Surabaya.

Di kawasan hutan Baluran, di Kecamatan Banyuputih, jalannya menanjak panjang dan menikung. Tidak jarang ada kendaraan barang yang tidak bisa menanjak hingga memicu kemacetan.

"Banyak kendaraan mogok, khususnya kendaraan barang yang melebihi tonase. Selain itu, bahu jalan tidak ada sehingga tidak bisa mendahului jika ada kendaraan yang mogok. Karena itu, selama arus Mudik nanti kami akan meningkatkan giat patroli secara berkesinambungan,"pungkas Hendrix.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com