DetikNews
Jumat 24 Mei 2019, 11:55 WIB

ASN Kota Kediri Dilarang Terima Parsel dan Gunakan Mobdin untuk Mudik

Andhika Dwi - detikNews
ASN Kota Kediri Dilarang Terima Parsel dan Gunakan Mobdin untuk Mudik Sekretaris Kota Kediri, Budwi Sunu/Foto: Andhika Dwi
Kediri - ASN Kota Kediri dilarang menerima parsel dan menggunakan mobil dinas untuk keperluan Lebaran. Semua itu tertera dalam surat edaran yang akan disebarkan hari ini.

Pernyataan tersebut diutarakan Sekretaris Kota Kediri, Budwi Sunu. Menurut Budwi, surat edaran terkait penggunaan mobil dinas, cuti libur lebaran dan penerimaan parsel baru akan diedarkan hari ini. Atau paling lambat Senin (27/5).

"Baru ini nanti saya edarkan dan saya siapkan untuk ASN Pemkot Kediri," kata Budwi Sunu saat ditemui di Kantor Pemkot Kediri, Jalan Basuki Rahmat, Kota Kediri, Jumat (24/5/2019).


Sementara saat disinggung soal sikap pemkot mengenai penerimaan parsel, Budwi mengatakan semuanya mengacu pada surat edaran KPK yang sama dengan tahun sebelumnya. Seluruh ASN Pemkot Kediri dilarang menerima parsel atau bingkisan Lebaran. Karena itu merupakan salah satu bentuk gratifikasi.

"Sama sebenarnya dengan tahun sebelumnya. Seluruh ASN Pemkot Kediri dilarang menerima Parsel karena ini merupakan bentuk gratifikasi seperti edaran KPK," imbuh Budwi.

Kemudian ASN juga dilarang menggunakan kendaraan operasional atau mobil dinas Pemkot Kediri untuk mudik atau pulang kampung. Karena mobil dinas hanya digunakan untuk kegiatan operasional kantor tugas Pemkot Kediri.

Menurut Budwi, pihaknya akan menindak tegas ASN Pemkot Kediri yang melanggar aturan pemkot. Termasuk mengenai cuti libur lebaran yang di mulai 3-7 Juni 2019. Pada Sabtu (1/6) ASN diminta masuk dan mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila, sesuai surat edaran Menteri Dalam Negeri.


"Jadi libur ASN sebenarnya sejak Sabtu tanggal 1 Juni. Namun karena ada edaran Mendagri agar mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila, maka ASN tetap masuk," tambah Budwi.

Disinggung mengenai sanksi untuk ASN yang melanggar, pihaknya akan melakukan tindakan indisipliner sesuai aturan yang berlaku untuk ASN.

"Kita akan berikan sanksi tegas pada ASN yang melanggar dan tidak mematuhi edaran Pemkot Kediri. Tindakan indisipliner sesuai aturan yang berlaku," pungkasnya.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed