detikNews
Jumat 24 Mei 2019, 08:40 WIB

Rawan Kecelakaan, Waspadai Jalur Black Spot Kabupaten dan Kota Blitar

Erliana Riady - detikNews
Rawan Kecelakaan, Waspadai Jalur Black Spot Kabupaten dan Kota Blitar Black spot di Brongkos, Kesamben/Foto: Istimewa
Blitar - Polisi telah memetakan beberapa lokasi yang dinilai rawan (black spot) saat peningkatan volume kendaraan jelang lebaran. Untuk itu, pemudik diharapkan mewaspadai jika melintasi jalur-jalur ini.

Memasuki wilayah Kabupaten Blitar dari arah Malang, black spot terdeteksi di Jalan Raya Brongkos Kecamatan Kesamben. Badan jalan yang tidak terlalu lebar, tanjakan dan kelokan tajam membuat wilayah itu dinilai rawan terjadi kemacetan dan kecelakaan.

"Untuk mengantisipasi kerawanan itu, kami akan dirikan pos pantau dan pos pengamanan di sekitar wilayah itu," kata Kasatlantas Polres Blitar AKP Muhammad Amirul Hakim kepada detikcom, Jumat (24/5/2018).

Selain di Kesamben, pos pangamanan juga akan didirikan di perbatasan Blitar-Tulungagung. Tepatnya di Desa Jimbe Kecamatan Kademangan. Sedangkan pos pantau akan didirikan di 10 lokasi. Di antaranya di Wlingi, Talun, Garum, Selorejo dan Siraman.

"Pos pantau merata di sepanjang jalur utama mudik-balik ya. Jalur itu di jalan provinsi yang menghubungkan antar kota antar provinsi," bebernya.


Selain mendirikan pos, Satlantas Polres Blitar juga akan membuat poster dan akun di medsos yang menginformasikan nomor telepon penting yang bisa dihubungi saat genting dalam perjalanan. Seperti nomor telepon damkar, derek, pos pantau, ambulance, spbu dan atm.

Pos pantau dan pengamanan didirikan di beberapa titik/Pos pantau dan pengamanan didirikan di beberapa titik/ Foto: Istimewa

"Ini sudah kami jalankan sejak tahun lalu. Dan Alhamdulillah tingkat laka lantas menurun signifikan dibanding tahun sebelumnya. Di tahun 2107 tercatat ada 12 kejadian, menurun jadi 6 kejadian," jawab kasatlantas.

Sementara, untuk wilayah hukum Polresta Blitar, black spot terdeteksi di perbatasan Blitar-Kediri. Tepatnya di Jalan Raya Ponggok. Sedangkan memasuki wilayah kota, black spot terdeteksi di simpang tiga Jalan Tanjung Kota Blitar.

"Di situ kami siagakan petugas, baik untuk kelancaran maupun rekayasa lalin supaya aman dan lancar. Sedangkan untuk pos pantau kami dirikan di Srengat dan Penataran. Pos pelayanan kami dirikan di Aloon-aloon Kota Blitar," kata Kasatlantas Polresta Blitar AKP Bayu Halim Nugroho.

Untuk lokasi rest area, Dishub Pemkab Blitar menyediakan di kantornya Srengat, tapal batas Blitar-Kediri. Namun untuk pemudik dari arah timur Blitar, bisa memanfaatkan pospam Kesamben sebagai lokasi beristirahat.


Soal penerangan jalan umum (PJU) yang dikeluhkan para pemakai jalan, juga diantisipasi Dinas PU PR Pemkab Blitar. Beberapa lokasi yang dikeluhkan minimnya PJU, di antaranya di black spot Brongkos dan jalur alternatif Poluwan dan Nglegok.

"Rencana penambahan pengadaan sudah ada. Namun masih proses lelang. Sehingga untuk arus mudik balik lebaran ini, kami maksimalkan PJU yang sudah ada. Pemeliharaan dan memastikan kondisinya menyala semua," pungkas Kepala Dinas PU PR Pemkab Blitar Puguh Imam Susanto.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com